Selasa, 10 Juli 2007

Atasi Kelelahan Anda..!


Pola kerja keras yang kini menjadi bagian dari gaya hidup para pekerja kosmopolitan tak jarang menimbulkan kelelahan berkepanjangan pada diri mereka. Penyebabnya tak lain karena selama bekerja mereka banyak mengeluarkan tenaga dan memeras pikiran. Kondisi ini bukan saja menyebabkan kelelahan fisik tetapi juga kelelahan mental.

Jika berlarut-larut, hal tersebut akan memperburuk kinerja Anda. Lebih jauh, hal itu juga bisa berdampak pada menurunnya gairah hidup Anda secara keseluruhan. Gawat kan? Nah sebelum terjadi pada diri Anda, Anda harus memperbaiki pola hidup Anda sehari-hari termasuk dalam soal pekerjaan. Coba ikuti saran berikut ini:

Bekerja sesuai batas kemampuan

Bekerja keras dalam waktu kelewat batas akan menyebabkan keletihan dan kelesuan. Bekerjalah sesuai kemampuan dan kondisi tubuh Anda. Jika mulai merasa lelah, berhenti dan beristirahatlah sejenak. Jika Anda tetap memaksa bekerja dalam keadaan lelah, Anda akan semakin suntuk. Otot-otot tubuh akan menegang dan kaku. Ide-ide pun tidak mengalir lancar. Memang, ada kalanya pekerjaan menuntut Anda untuk berkonsentrasi penuh dalam jangka waktu lama. Namun imbangi dengan istirahat, makan yang cukup, dan refreshing.

Perhatikan pekerjaan yang membosankan

Melakukan pekerjaan yang membosankan dalam waktu lama memang menyebalkan. Hal ini dua kali lebih melelahkan daripada melakukan pekerjaan yang menyenangkan. Secara emosi Anda pun mudah terganggu. Anda jadi sulit konsentrasi dan merasa tertekan selama bekerja. So, jika merasa pekerjaan Anda membosankan jangan tenggelam dalam siksaan. Cobalah untuk mencari sesuatu yang menyenangkan dari pekerjaan yang Anda anggap membosankan itu. Selama bekerja, hibur diri Anda dengan mendengarkan musik kesayangan Anda atau sesekali mengalihkan perhatian pada hal-hal lain yang bersifat menghibur, seperti membaca email dari teman, dll.

Jangan terbebani oleh imbalan

Bekerja dengan bayangan imbalan yang akan diterima membuat Anda tersiksa. Apalagi jika Anda selalu menghitung-hitung bahwa apa yang Anda kerjakan tidak sesuai dengan imbalan yang Anda terima. Bekerja dengan ikhlas dan tulus akan membantu Anda mempercepat selesainya pekerjaan Anda. Percaya deh imbalan atau reward itu akan mengikuti seiring dengan hasil kerja Anda.

Makan dengan porsi yang cukup

Anggapan makan terlalu banyak dapat menguatkan tubuh tidak seluruhnya benar. Makan kelewat banyak justru membuat tubuh Anda mudah letih, lesu dan mengantuk. Maka, makanlah dengan gizi seimbang. Yang penting bukan jumlah makanannya namun kualitas makanan yang Anda cerna. Yakinkan bahwa makanan yang masuk ke perut Anda cukup sebagai bekal Anda berpikir dan bekerja

Pada intinya, terapkan gaya hidup seimbang sesuai dengan kemampuan dan kondisi Anda. Karena sesuatu yang berlebihan itu memang selalu berdampak tidak baik bagi kehidupan Anda. Jika Anda mulai merasakan gejala-gejala kelelahan, berhentilah. Jangan biarkan kelelahan menggerogoti tubuh dan pikiran Anda. Seperti halnya orang lain, Anda pun berhak sepenuhnya atas hidup Anda. Anda berhak hidup sehat, nyaman dan bahagia tanpa tekanan apapun. Satu lagi yang tak kalah penting adalah, 'berpikir positif'. Sehingga pekerjaan yang Anda jalani saat inipun tidak akan menjadi beban. Sukses untuk Anda..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun