Selasa, 10 Juli 2007

Atasi Nyeri Haid Anda


Yulia Dian - detikHot
Jakarta, Nyeri haid yang berlebihan biasanya disebut dengan endometriosis. Rada sakit ini tak bisa dihindari, namun jika Anda cermat Anda bisa mengupayakan beberapa tips berikut ini.

Biasanya penyakit ini menurun dari keluarga. Gejala umumnya, biasanya adalah rasa nyeri yang luar biasa sebelum atau selama haid. Rasa nyeri ini juga bisa datang saat atau setelah melakukan hubungan intim. Karena datangnya yang bersamaan dengan haid, endometrosiosis kadang terlambat dideteksi.

Pencegahan yang pasti untuk endometrosiosis memang belum ditemukan. Namun Anda bisa melakukan beberapa usaha untuk mencegahnya.

1. Selama masa haid hindari melakukan olahraga berat.

2. Hindari mengkonsumsi alkohol, kopi juga coklat. Karena hal ini dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Jangan juga memakan makanan yang bertemperatur dingin selama masa haid. Misalnya es krim. Sebaiknya Anda menghindari dulu hal tersebut.

3. Lebih banyaklah mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Juga makanan yang berkadar lemak rendah.

4. Jangan lupakan vitamin. Vitamin E sebanyak 400 bisa mencegah peradangan dan meningkatkan respon kekebalan tubuh. Atau gunaakn juga vitamin B6 untuk mengurangi penerimaan esterogen. Lebih baiknya minum juga minyak ikan yang bisa mengurangi radang. Selain itu minyak ikan ini juga berguna untuk menghambat pertumbuhan tidak normalnya jaringan endometrial.

Intinya cobalah untuk menjalani pola hidup sehat. Jika sudah waktunya jangan menunda kehamilan. Lakukan juga pemeriksaan secara berkala. Jangan lupa :) (yla/yla)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun