Selasa, 10 Juli 2007

Cara Mudah Mengingat Nama Orang Lain


Bagi pebisnis yang relatif memiliki banyak relasi, mengingat nama relasi satu persatu adalah keharusan. Karena mengingat nama orang lain merupakan awal yang baik bagi sebuah hubungan yang lebih menguntungkan.

Namun, masalahnya sebagian orang memiliki kelemahan dalam mengingat nama orang lain terutama orang yang baru dikenal. Padahal, orang lain apalagi orang-orang bisnis akan sangat merasa dihargai jika namanya diingat dengan baik. Siapapun akan merasa senang jika namanya diingat dengan benar. Termasuk Anda bukan?

Lagipula nggak asyik banget kan saat Anda terlibat bercakap-cakap dengan seseorang sementara Anda nggak tahu namanya. Nah ada baiknya Anda mulai melatih diri untuk mengingat nama orang yang baru Anda kenal. Coba simak tipsnya di bawah ini:

Dengar dan simak namanya baik-baik

Saat orang yang baru Anda kenal menyebutkan namanya, cobalah untuk mengingat-ingatnya. Toh berkenalan bukan sekedar berjabat tangan, tersenyum dan berbasa-basi bukan? Agar pertemuan selanjutnya lebih lancar maka ingatlah namanya dengan baik.

Kenali wajahnya

Mengingat nama orang lain tanpa mengingat wajahnya juga nggak bagus. Ada baiknya Anda mengingat keduanya dengan baik. Maka saat perkenalan, perhatikan wajahnya, tentu saja tanpa bermaksud menyelidik. Kenali ciri-ciri yang khas pada dirinya misalnya tahi lalat di dagu atau matanya yang sipit.

Sebut namanya sekali lagi

Ketika ia menyebutkan namanya saat perkenalan, ada baiknya Anda menyebutnya sekali lagi. Selain membantu mengingat, hal ini akan memudahkan dia untuk mengoreksinya namanya jika Anda salah sebut.

Perhatikan kartu namanya

Jangan jadikan kartu nama sekedar pengisi 'name card holder' Anda. Bacalah dengan baik nama yang tertera pada kartu nama yang Anda terima. Perhatikan juga hal-hal lain yang tercantum di dalamnya, seperti nama perusahaan, jabatan, atau nomor telepon dan alamat emailnya.

Hubungkan namanya dengan obyek tertentu

Untuk memudahkan ingatan Anda, bisa juga Anda hubungkan namanya dengan obyek tertentu yang berkaitan. Misalnya nama Yuni mungkin lahir di Bulan Juni, Eka mungkin anak pertama, dst.

Sebutkan namanya selama percakapan

Saat berbincang-bincang, sesekali sebutlah namanya. Misalnya.."Bagaimana dengan bisnis Anda, Pak Andi..?". Jangan lupa tataplah matanya dan dengarkan ucapannya saat bicara. Ini akan membuatnya merasa dihargai oleh Anda.

Tutuplah pertemuan dengan menyebut namanya

Saat pertemuan berakhir, sebut namanya sekali lagi. Misalnya "Senang sekali bertemu Anda Bu Rina, lain kali kita bisa bertemu lagi dalam kesempatan yang lebih baik."

Mudah kan mengingat nama orang lain? Percaya deh, dengan mengingat nama seseorang dengan baik akan membuka suatu hubungan ke arah yang lebih menjanjikan. Kalau Anda lupa mengingat nama rekan bisnis yang baru Anda kenal kayanya kelancaran bisnis Anda patut diragukan. Nah nggak ada ruginya kan mengingat nama orang yang baru Anda kenal...?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun