Selasa, 10 Juli 2007

Cara Tepat Ukur Payudara




Eny Kartikawati - detikHot
Jakarta, Buat kamu remaja cewek yang sering merasa sakit punggung atau sakit kepala, hati-hati lho jangan-jangan itu terjadi gara-gara kamu nggak tepat milih ukuran bra. Biar nggak salah pilih simak deh artikel pilah-pilih bra yang sesuai ukuran payudara kamu.

Bra tidak hanya membantu memperindah bentuk payudara wanita. Pilihan bra yang sesuai ukuran juga bisa memperlancar segala aktivitas keseharian kamu. Kebayang nggak sih lagi asik-asik main basket tiba-tiba pengait bra kamu lepas. BT kan pasti.

Bra yang nggak sesuai ukuran juga bisa menuai masalah kesehatan lho. Salah satu jenis penyakit yang sering datang gara-gara itu adalah pusing dan keluhan sakit punggung. Menurut situs kidshealth, tujuh dari sepuluh wanita di dunia ternyata memakai bra yang tidak sesuai ukuran payudara mereka.

Biar nggak salah lagi, nih detikhot kasih beberapa langkah-langkah memilih bra yang sesuai ukuran payudara kita:

- Sebelum memilih bra, dua hal yang kamu harus tahu adalah ukuran lingkar dada dan cup payudara kamu. Untuk ukuran lingkar dada, kalian biasanya familiar dengan angka-angka 32, 34, 36 dan seterusnya. Sedangkan untuk cup, ukuran yang biasanya dikenal adalah AA, A, B, C dan seterusnya. Penting banget lho untuk tahu dua ukuran di atas biar kamu benar-benar dapat bra yang pas di payudara.

- Ada dua metode yang bisa digunakan untuk mengetahui ukuran lingkar dada. Pertama rentangkan tali pengukur (meteran yang biasa digunakan untuk menjahit) di bawah payudara kamu. Lingkarkan tali tersebut ke sekeliling payudara dan lebihkan sekitar 5 inci. Pastikan kamu merentangkannya secara benar, tidak terlipat dan tidak longgar.

Cara kedua, rentangkan tali pengukur tepat di payudara mu (cara ini persis ketika kamu diukur lingkar dadanya ketika akan menjahitkan baju). Meski lebih gampang dari cara pertama, cara ini menurut beberapa orang ternyata kurang akurat.

Nah, angka yang kamu dapat dari dua metode tadi adalah perkiraan terdekat ukuran bra kamu. Tapi karena biasanya bra selalu berukuran genap maka kamu yang mendapat hasil angka ganjil jangan bingung. Misalnya kamu mendapat angka 33, angka tersebut jangan kamu bulatkan ke bawah, tapi ke atas. Tambahkan satu sampai dua angka ke atas. Itulah ukuran bra kamu! Gampang kan?!

- Setelah tahu ukuran lingkar dada, langkah selanjutnya adalah tahu caranya mendapatkan ukuran cup yang sesuai besar-kecilnya payudara. Cara ini lebih mudah karena kalian tinggal mengurangi hasil pengukuran metode satu (yang belum ditambah 5 inci) dengan hasil pengukuran metode dua. Jika hasilnya kurang dari satu inci maka ukuran cup payudara kamu adalah AA. Jika bedanya hanya satu inci, maka ukuran cup kamu A, beda dua inci cup B, tiga inci cup C, dan seterusnya.

- Last but not least, sama seperti celana dalam, pilihlah bra yang mudah menyerap keringat, misalnya yang berbahan katun dan tidak menggunakan formalin alias zat kimia pembunuh kuman karena zat itu bisa merusak kulit payudara yang sensitif.

Selamat memilih bra...(eny/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun