Selasa, 10 Juli 2007

Cegah Flu Sejak Dini


Yulia Dian - detikHot
Jakarta, Parubahan cuaca berpengaruh banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Batuk dan flu jadi penyakit musiman yang tiba di saat-saat seperti itu. Tak ingin terkena flu atau penyakit lainnya bukan? Simak tips berikut ini.

- Hindari berbagi peralatan makan dan minum dengan orang lain. Apalagi jika Anda tahu orang tersebut sedang sakit. Hati-hati virus menyebar sangat cepat dan tak terdeteksi. Rajin-rajinlah mencuci tangan. Jauhkan tangan Anda dari hidung, mata dan mulut.

- Biasakan mencuci tangan Anda sebelum makan. Anda harus memastikan bahwa kuman tak masuk dalam tubuh melalui tangan yang kotor.

- Tingkatkan mengkonsumsi vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun. Banyak-banyak makan sayur dan buah-buahan. Jeruk, tomat dan brokoli bisa jadi pilihan yang tepat.

- Pastikan Anda cukup tidur. Setidaknya orang butuh waktu istirahat antara 7 sampai 8 jam per malam untuk waktu istirahat optimal.

- Minum setidaknya 8 gelas air mineral per hari. Konsumsi juga herbal tea dan jus buah-buahan bisa jadi pilihan tepat untuk meningkatkan penyerapan air.

- Kendalikan rasa stres Anda. Stres berat bisa membuat sistem imun Anda lelah.

- Bila perlu konsumsi multivitamin tiap hari untuk memastikan tubuh Anda diasupi vitamin dan mineral yang cukup. Satu tablet vitamin C 500 mg sehari cukup untuk tubuh.

- Berolahraga. Olahraga terbukti mampu menghambat datangnya penyakit ke dalam tubuh. (yla/yla)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun