Selasa, 10 Juli 2007

Hidup Sehat Tanpa Migran


Yulia Dian - detikHot




Jakarta, Terserang migran alias sakit kepala sebelah memang menyebalkan. Namun migran bisa datang kapan saja tanpa bisa dimengerti. Mulailah hidup sehat tanpa migran!

Pada dasarnya migran adalah perubahan aliran darah menuju otak. Perubahan gaya hidup dan terapi obat-obatan bisa mengurangi rasa sakit dan frekuensi terserang migran.

1. Berlatih erobik setidaknya 4 jam dalam seminggu selama 20 hingga 30 menit setiap kali. Wanita, terutama yang punya hormon aktif punya peluang lebih besar terserang migran. Latihan regular bisa menjaga tingkat hormon agar selalu seimbang.

2. Analisa kepribadian Anda. Ada satu indikasi bahwa seseorang yang selalu ingin jadi perfectionist punya risiko lebih besar terserang migran. Cobalah untuk sedikit lebih relaks.

3. Nafas dalam-dalam. Oksigen dalam dosis besar sangat efektif untuk mencegah sakit kepala dan migran. Bernafas dalam-dalam juga membantu Anda untuk bersantai.

4. Hindari pantangan atau hal yang biasa membuat Anda alergi. Tapi untuk beberapa orang, makanan yang mengandung gula, susu, keju atau anggur merah bisa menghilangkan migran. Sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein.

5. Hindari berada di bawah lampu bertegangan tinggi dalam waktu yang lama. Terkadang hal ini bisa membuat kepala Anda langsung terserang mirgan dengan tiba-tiba.

6. Biasakan bangun pagi di waktu yang sama setiap harinya. Atur jam tidur Anda untuk menyembuhkan migran. Hindari terlalu banyak suplemen dan beristirahatlah dengan cukup.

7. Kunjungi dokter Anda. Jika langkah-langkah di atas tak bisa membuat Anda terhindar dari migran, pasti ada yang salah. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan meminta jalan penyembuhan yang terbaik. (yla/yla)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun