Senin, 16 Juli 2007

KACAMATA


Kalau dunia sekitar Anda selalu terlihat buram.
Coba periksa mata Anda, mungkin Anda perlu kacamata baru.

Hampir tiap hari saya mendengar orang mengeluhkan "dunia" mereka yang terlihat buram. Atau mengeluhkan orang lain, atau pihak lain, yang selalu dalam posisi salah. Padahal kalau dipikir2 kesimpulan apakah dunia ini buram atau cerah, apakah orang lain salah atau tidak, ada ditangan kita sendiri.

Saya pernah bertemu dengan seorang eksekutif sebuah perusahaan besar. Pagi2 beliau sudah bersembunyi di balik meja besar nya. Di meja nya setumpuk koran selesai dibaca nya pagi itu. Kalimat2 yang menyembur dari mulutnya adalah, kecaman2 kepada pemerintah, korupsi, kriminalitas, anak buahnya yang tidak sesuai keinginan nya, dan ekonomi dunia dan nasional yang tidak kondusif, dan sebagainya. Sedikit2 Beliau mengatakan "lihat saja di koran pak!". Seolah2 Bapak tadi hidup di "alam koran" yang bertumpuk di meja nya.

Sementara banyak kompetitor perusahaan beliau dengan sigap menangkap peluang2 dibalik krisis. Beliau memilih duduk menyalahkan keadaan. Bagi beliau, semua orang salah. Pemerintah salah, anak buahnya salah, ekonomi nasional salah, ekonomi dunia apalagi. Saya pun buru2 pergi, karena saya tahu, di mata beliau, saya pun salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun