Selasa, 10 Juli 2007

Kamar Tidur Nyaman, Tidurpun Lelap


Dian Lestariningsih - detikHot

Jakarta, Hari yang sukses dimulai dari tidur yang cukup di malam sebelumnya. So, supaya istirahat nyaman dan tidur lelap, kamar tidur pun harus disulap!

Pada umumnya manusia menghabiskan sepertiga hidupnya di tempat tidur. Bisa disimpulkan bahwa istirahat cukup di malam hari menjadi kunci pokok kualitas hidup Anda.

Untuk itu perlu disiasati untuk menjadikannya nyaman. Dan sebaiknya dipikirkan cara supaya tidak membosankan. Pilih aksesori yang menarik sesuai fungsinya dan hindari tumpukan menggunung.

Mungkin beberapa tips ini bisa membantu Anda, selamat mencoba:

1. Sebelum menata sesuai selera anda, pertama-tama ukur dulu kamar tidur anda. Ini penting untuk menentukan barang apa saja yang akan ada di dalamnya dan tentu ukuran tempat tidur anda.

2. Pilih lampu di sisi tempat tidur yang Anda gunakan ketika membaca. Ada beberapa tipe dijual di pasaran. Pilih yang memiliki cahaya cukup terang, usahakan wattnya rendah, jadi bisa menghemat listriknya.

3. Bedakan lampu baca dengan lampu yang standby ketika Anda terlelap. Pilih yang berwatt rendah. Sekedar pembanding beberapa orang menyukai lampu yang berwarna.

4. Hindari menumpuk barang-barang di meja samping tempat tidur. Bila perlu Anda bisa memilih model lampu yang menempel di tembok, ini untuk mengurangi beban meja Anda.

5. Pakailah bantal selain fungsinya bantal bisa dijadikan pemanis ruangan. Bantal ini bisa menyangga punggung Anda jika ingin duduk tegak, menonton televisi atau membaca. Pilihlah bantal yang empuk sesuai kenyamanan.

6. Saat menata kamar tidur gunakan sentuhan warna senada untuk beberapa sudut, misalnya, tirai jendela, sprei, bantal dan bed cover. ang.

7. Taruhlah jam di tempat yang mudah terlihat. Jika Anda cemas ketiduran, taruh jam weker di tempat yang bisa memaksa anda bangun untuk mematikannya.

8. Gantungkan sesuatu untuk dekoratif. Biasanya gambar atau lukisan berbingkai jadi pilihan khas. Sesekali coba gunakan anyaman, kerajian etnis atau kain daerah yang indah. Bisa digantung di tembok atau di atas tempat tidur.
9. Pajang foto keluarga atau teman Anda. Pilih bingkai yang sesuai dan tempatkan diatas lemari atau meja. Kecenderungan orang membingkai koleksinya dengan frame berbahan kayu yang elegan.

10. Tempatkan meja kerja untuk menaruh berkas-berkas atau file penting di sudut kamar yang dekat jendela. Diatasnya coba sediakan sebuah kotak yang bisa digunakan sebagai tempat menyimpan kacamata, kertas tisu atau perlengkapan lain.

11. Tempatkan telepon di sebuah meja kecil dekat tempat tidur yang mudah dijangkau. Usahakan yang berlaci, jadi anda bisa menaruh lampu senter di lacinya. Barang-barang ini bisa menjadi penyelamat anda dalam keadaan darurat.(fta/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun