Selasa, 10 Juli 2007



Kejar Jodoh di Internet Bagian
Eny Kartikawati - detikHot

Jakarta, Tuntutan pekerjaan banyak membuat orang lupa pada kehidupan pribadinya. Salah satunya mungkin anda yang setiap hari berkutat di depan komputer. Tak terasa, umur ternyata sudah mendekati waktunya untuk menikah. Namun apa daya, jodoh belum di tangan.

Untuk anda yang punya nasib seperti di atas, jangan stres dulu. Ada solusi untuk menemukan seseorang yang mungkin selama ini anda cari untuk jadi pendamping hidup.

Kencan online. Kegiatan itu mungkin sudah sering anda dengar. Tapi anda takut mencobanya karena tak percaya metode tersebut bisa menyelesaikan masalah. Padahal menurut sebuah survey, 33 persen penduduk dunia menjadikan kencan lewat dunia maya sebagai ajang mencari jodoh. Keberhasilannya, tak usah diragukan lagi.

Banyak situs yang menawarkan kencan online baik secara gratis ataupun bayar. Untuk permulaan, cobalah yang gratis dulu. Situs-situs tersebut menyediakan feature-feature yang bisa membantu mencari pasangan sesuai kriteria anda. Misalnya jika anda pria, mencari wanita dengan tinggi badan 155-170 cm, umur 25-35 tahun, anda tinggal memasukkan kriteria-kriteria itu kemudian klik search. Situs tersebut langsung mencari wanita yang sesuai dengan apa yang anda cari.

Biasanya jika anda belum menjadi anggota situs tersebut, informasi detil tentang si wanita tidak akan dimunculkan. Ketika anda sudah mendaftar, barulah anda bisa tahu segala sesuatu tentang si wanita. Anda pun bisa langsung berkirim email atau ngobrol dengannya lewat fasilitas chatting.

Keuntungan dari kencan lewat internet cukup banyak. Pertama, jika setelah beberapa lama berkirim email anda merasa tak cocok, anda tak perlu sungkan untuk memutuskan hubungan. Kedua, kerahasian kehidupan pribadi terjamin, asalkan anda tak memasukkan informasi yang terlalu detil tentang kehidupan anda (misalnya, alamat rumah atau nomor handphone). Ketiga, kencan online tak kenal waktu. Anda tipikal orang yang bekerja di malam hari? Situs kencan dunia maya selalu menyala 24 jam.

O'ya sebelum mendaftar sebagai anggota sebuah situs kencan online. Ada beberapa hal yang sebaiknya anda pahami dulu. Pertama, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang situs tersebut. Bandingkan dengan situs sejenis. Kedua, bacalah persyaratan keanggotan dengan teliti. Jangan sampai anda terkecoh dengan salah satu syratanya. Ketiga, jangan terburu-buru bergabung dengan sebuah situs kencan online. Perkayalah pengetahuan anda tentang situs tersebut, baru tentukan pilihan.

Hmmm, mulai tertarik untuk mencari jodoh lewat internet? Jangan ragu-ragu. Dengan aturan main yang benar, pastinya soulmate anda di dunia maya bisa berlanjut ke dunia nyata. Nah, supaya jalannya lebih mulus, simak dulu trik-triknya.

Kencan lewat internet sebenarnya lebih aman ketimbang kencan buta di dunia nyata. Di internet, identitas anda lebih rahasia dan lebih mudah untuk menangkal orang-orang iseng yang tidak bertanggungjawab.

Jika merasa tak cocok anda bisa menghentikan hubungan dan mem-block user yang berusaha menggangu anda. Selain itu jika merasa tak cocok, hubungan bisa diakhiri dengan lebih mudah. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, simak langkah-langkah ini:

Jangan Memberi Identitas Asli
Dalam kencan online, masing-masing user dikenali lewat nomor anggota. Misalnya, B6894 diperkenalkan dengan F5822. Nah, itu adalah identitas yang aman untuk anda. Sebisa mungkin pertahankan terus identitas tersebut. Jangan sekali-kali memberikan identitas asli walau teman anda telah memberikan rayuan maut. Lagipula, belum tentu juga teman anda tadi memberikan identitas yang benar kepada anda.

Peserta kencan online biasanya lebih tertarik untuk mengetahui kepribadian, minat, dan hal-hal pribadi lainnya. Jika teman anda memaksa, beri saja informasi yang sangat umum. Misalnya tinggal di Jakarta, tanpa menyebut kawasannya. Berhati-hatilah jika ada teman online yang memaksa anda memberikan identitas asli, mungkin ada maksud tertentu di balik itu.

Tetap Samarkan Diri
Walau anda sudah berhubungan dengan seseorang cukup lama, jangan terlalu terbuka pada orang tersebut. Beberapa orang memang pandai mengarang-ngarang cerita untuk meyakinkan anda. Jangan terpancing, samarkan identitas anda. Jangan ungkapkan detil-detil yang bisa menguak diri anda sebenarnya.

Jangan Terburu-buru
Pribadi yang baik, foto yang menawan jangan membuat anda terlena. Bisa saja itu semua karangan. Jangan terburu-buru untuk jatuh hati hanya karena cerita dan kata-kata manis yang diucapkannya. Jika seseorang sangat sempurna, anda harus berhati-hati. Dengan berjalannya waktu, anda akan menemukan beberapa kejanggalan dan beberapa kata-kata yang tidak konsisten.

Ikuti Insting Anda
Jika seseorang telah membuat anda tidak nyaman, tinggalkan dia. Keuntungan kencan online adalah anda dapat berhenti kapan saja tanpa banyak memberi alasan. Kencan online juga menyediakan fasilitas untuk mem-block seseorang yang ingin anda hindari. So, jika memang menggangu jangan ragu-ragu untuk menghentikan hubungan anda dengan seseorang. Cari lagi yang baru!

Pilih Situs yang Berkualitas
Ini yang paling penting. Situs kencan lewat internet memang menjamur dimana-mana. Pilih situs yang paling populer dan menyediakan fasilitas paling banyak. Pilih juga situs yang memberi fasilitas keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Setelah membaca langkah-langkah tadi, sekarang anda sudah siap meluncur mencari pasangan hidup lewat internet. Jika memungkinkan cari tahu sebanyak mungkin tentang identitas pasangan anda dan selalu lakukan pengecekan ulang. Jika seiring berjalannya waktu hati anda sudah mantap. Silahkan lanjutkan ke dunia nyata. Bagaimana persiapannya, tunggu artikel selanjutnya!(fta/)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun