Selasa, 10 Juli 2007

Masuk Kerja Lewat 'Orang Dalam'


Jalur untuk masuk ke dunia kerja memang macam-macam. Ada yang lewat iklan di berbagai media (cetak, elektronik, online). Ada juga yang lewat informasi teman maupun orang dalam di perusahaan. Nah, yang disebutkan terakhir ini nggak mudah loh. Ada aturan baku jika Anda ingin masuk kerja lewat jalur 'orang dalam'. Nih dia aturannya:

Banyak berteman
Bertemanlah dengan siapa saja. Bahkan, kalau perlu dengan sekretaris dan satpam di suatu perusahaan. Jangan anggap enteng dengan satpam loh! Kadang informasi lowongan bisa datang dari mereka.

Banyak bertanya
Bertanyalah sebanyak mungkin kepada teman, kerabat, sahabat, siapa saja tentang peluang kerja yang mungkin ada. Tapi jangan memelas atau merengek minta agar diterima pada perusahaan tersebut. Tindakan ini hanya menunjukkan mental yang payah. Jangan juga terus-menerus mengejar menanyakan kemajuan status Anda. Kalau ini Anda lakukan, mereka akan jengkel dan merasa terganggu. Malah bisa jadi menyesal karena merasa telah melakukan kesalahan. Jadi, pakai kedekatan ini sebatas sumber informasi semata.

Jangan besar kepala
Meski masuk melalui jalur orang dalam, jangan besar kepala. Jalur ini semata untuk kemudahan informasi. Soal diterima atau tidak itu bukan urusan si pemberi informasi. Semua terpulang pada kemampuan Anda.

Tetap kirim surat lamaran formal dalam batas waktu yang ditentukan
Sedekat apa pun relasi Anda dengan orang dalam, jangan remehkan hal formal. Kirim surat lamaran dalam batas waktu yang dapat ditoleransi. Itu sinyal yang bagus untuk menunjukkan Anda profesional. Lengkapilah dengan dokumen yang diperlukan.

Jangan mencoba cheating (curang)
Cheating, apa pun bentuknya sudah bukan jamannya lagi. Bila pun lolos masuk, Anda masih harus menghadapi seleksi alam. Kalau main curang, dan manipulasi, keberuntungan akan jauh dari Anda.

Nah udah siap masuk kerja lewat orang dalam? Semoga sukses..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun