Kamis, 12 Juli 2007

Mengatasi Rasa Kantuk di Kantor

Mengantuk memang hal alamiah yang kerap dialami oleh semua orang. Bahkan mungkin Anda sendiri kadang dilanda kantuk saat sibuk bekerja di kantor, apalagi saat bulan puasa begini. Perut yang kosong di tambah rasa jenuh, nggak jarang menimbulkan kantuk di kantor.

Menguap dan ingin tidur merupakan refleksi dari kantuk Anda. Kalau sekedar menguap mungkin wajar. Tapi kalau ingin tidur mungkin sulit dilakukan di kantor, sementara Anda pun harus menyelesaikan tugas-tugas yang masih belum selesai.

Lalu bagaimana jika Anda mengalami kantuk berat? Apakah Anda mengatasinya dengan cara tidur sementara membiarkan tugas-tugas Anda terbengkalai? Tentu saja tidak. Anda perlu cara tersendiri agar kantuk Anda segera hilang. Coba simak tipsnya di bawah ini:

- Cara sederhana untuk mengatasi kantuk adalah pergi ke toilet dan basuh wajah Anda dengan air. Basuhlah wajah Anda beberapa kali sampai Anda merasa lebih segar. Kemudian belalakkan mata Anda lebar-lebar. Sadarilah bahwa Anda masih berada di kantor, bukan di kamar tidur di rumah Anda.

- Datangi tempat yang lebih bercahaya, misalnya ke jendela yang terang. Kemudian buang pandangan Anda ke luar jendela. Hal ini dapat sedikit membantu mengurangi rasa kantuk Anda.

- Nyalakan musik. Alunan musik yang Anda suka diyakini dapat meningkatkan kewaspadaan dan ketajaman otak Anda. Sehingga Anda terhindar dari kantuk. Tapi jangan nyalakan musik yang mendayu-dayu, musik dengan irama agak cepat bisa membuat Anda lupa pada kantuk. Tapi tentu saja nyalakan dengan volume yang tidak mengganggu orang lain.

- Lakukan olahraga ringan, seperti senam ringan atau berjalan-jalan. Bila kantor Anda memiliki taman yang indah, keluarlah sebentar dari ruang kerja Anda sejenak. Lalu pandanglah pohon-pohon hijau di taman. Niscaya mata Anda menjadi segar kembali.

Nah Anda yang sering dilanda kantuk saat bekerja, coba aja ‘resep’ tadi. Daripada dibilang pemalas karena kantuk yang sering menyerang, lebih baik atasi kantuk Anda. Produktivitas Anda pun tak lagi terhambat. Selamat bekerja..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun