Kamis, 12 Juli 2007

Pilih-pilih Camilan Sehat


Yulia Dian - detikHot

Kalau sudah ngemil, biasanya wanita paling lupa diri. Tak ada yang melarang Anda untuk terus ngemil kok, namun untuk menjaga kesehatan Anda juga harus tahu camilan seperti apa yang cocok untuk Anda.

Pada dasarnya camilan itu banyak manfaatnya juga bagi tubuh. Karena kebutuhan gizi yang tidak kita dapat dari makan besar bisa diperoleh lewat camilan. Membiarkan perut kelaparan hingga waktu makan tiba juga tidak baik loh.

Karena ini akan sangat menghambat penurunan berat badan. Rasa lapar akan memperlambat metabolisme sehingga kalori yang terbakar oleh tubuh sedikit.

Setelah stres seharian beraktivitas, camilan juga bisa berguna. Emosi, stres, rasa bosan dan kecemasan biasanya membuat orang jadi berselera makan. Kalau sudah begini, biasanya camilan jadi sasaran utama. Lalu apa yang membuat orang ngemil cepat gemuk?

Tanpa kita sadari, biasanya ngemil tak bisa dilakukan dalam jumlah yang sedikit. Sambil nonton TV atau ngobrol dengan teman tak terasa Anda menghabiskan sebungkus keripik kentang. Nah, hampir semua camilan itu terbuat dari gula, terigu, mentega, minyak tinggi kalori dan telur. Konsumsi dalam jumlah banyak jelas akan menyebabkan kegemukan.

Biar bebas ngemil Anda harus tahu tips sehatnya. Ini dia!
1. Tahan diri. Pada saat makan camilan. Batasi diri Anda agar tidak terlalu berlebihan. Jika Anda penasaran boleh cicip-cicip sedikit. Setelah itu kendalikan diri Anda.

2. Hindari meletakkan camilan di tempat yang mudah terlihat. Misalnya di atas meja nonton TV. Ini akan membuat Anda secara refleks memeluk camilan dan menghabiskan waktu di depan TV hingga berjam-jam. Atau bahkan hingga semua stok camilan Anda ludes.

3. Gantikan camilan berat dengan buah-buahan segar. Jangan isi kulkas Anda dengan camilan berat seperti coklat, es krim, kue tart atau pizza. Camilan berat ini mengandung banyak kalori yang bisa membuat tubuh Anda melar. Gantikan camilan ini dengan buah-buahan segar.

4. Jangan tunda rasa lapar dan dahulukan makanan utama. Usahakan tiga kali sehari sehingga suplai tubuh Anda terpenuhi dengan sempurna dan tak perlu lagi camilan. Sebagai selingan Anda bisa coba mengkonsumsi jus buah.

5. Jika kebutuhan makan Anda tercukupi camilan pun akan berkurang. Dalam kondisi kenyang Anda pasti tidak akan ngemil dengan berlebihan.(yla/)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun