Rabu, 11 Juli 2007

Satu Tahun Pacaran, Cinta Mulai Kadaluarsa




Puteri Fatia - detikHot


Mitos live happily ever after sepertinya mulai dipatahkan oleh penelitian dari Universitas Pavia Italia. Menurut penelitian mereka, sesungguhnya rasa cinta hanya bertahan pada tahun pertama hubungan. Selanjutnya? Terserah Anda!

Lirik lagu 'Jatuh Cinta Berjuta Rasanya' milik Titiek Puspa memang nggak salah. Senyum-senyum sendiri, nggak peduli sama teman, kuping nempel terus sama telepon, sampai jadi cuek pada sekitar memang ciri khas orang yang terserang virus cinta akut.

Tak sekadar pengamatan, ciri-ciri tadi juga dibuktikan oleh peneliti dari Universitas Pavia Italia. Menurut para peneliti, emosi yang menggila ketika jatuh cinta disebabkan oleh sebuah molekul bernama NGF (nerve growth factor) yang jumlahnya fluktuatif alias naik-turun.

NGF ini lalu dijadikan patokan oleh para ilmuwan ketika meneliti 58 orang yang sedang dimabuk asmara. Ke-58 orang itu diukur kadar NGF-nya
kemudian dibandingkan dengan hasil pengukuran NGF pada kelompok orang yang telah memiliki hubungan cintalebih dari satu tahun.

Hasilnya, pasangan yang rata-rata hubungannya masih berusia di bawah satu tahun, hasil NGF-nya jauh lebih tinggi dari orang kategori hubungan mapan.

But hey, no need to worry! Bukan berarti pasangan yang sudah berhubungan dalam waktu lama tak lagi jatuh cinta. "Bukannya mereka tidak lagi jatuh cinta. Hanya saja cintanya tak lagi dikategorikan cinta akut," ujar Piergluigi Politi anggota tim peneliti.

Intinya, molekul-molekul yang membuat seseorang lebih romantis, biasanya mulai pudar setelah tahun pertama.

Efek cinta pada seseorang memang nggak hanya soal perasaan. Seluruh bagian tubuh bahkan sampai sel-sel terkecilnya ikutan bereaksi ketika sedang jatuh cinta. Penelitian ini setidaknya bisa membuka mata mengapa rasa cinta dan tergila-gila mudah sekali turun naik. Begitu juga dengan
perasaan rindu.

Tak ada penyebab yang pasti soal apa yang mempengaruhi naik-turunnya NGF. Tapi yang jelas, sensasi pertemuan pertama, kencan-kencan di masa awal, sampai hujan kata-kata romantis pada awal pacaran pastinya juga ikut andil.

Karena itu, sekarang nggak heran lagi dong kalau pacar minta vakum dulu. Mungkin aja dia berusaha mengembalikan perasaannya seperti ketika
awal-awal pacaran dulu.(fta/yla)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun