Kamis, 12 Juli 2007

Sayangi Kelaminmu


Eny Kartikawati - detikHot

Masalah keputihan sering dialami banyak wanita. Gara-gara malas ganti pakaian dalam, kuman-kuman bisa tumbuh di daerah kewanitaan mu itu. Apalagi kalau keadannya lembap, mereka tambah betah aja deh bersarang di sana.

Buat yang cowok jangan senang dulu. Kalian pastinya juga punya masalah dengan daerah sensitif kalian juga kan. Apalagi cowok lebih sering malas ganti pakaian dalam dan membersihkan alat kelamin setiap buang air kecil. Kalau sudah begitu, sama seperti cewek yang malas ganti pakaian dalam, kuman-kuman juga tumbuh di penis-mu. Belum lagi serangan rasa gatal dan kemungkinan timbul penyakit kelamin lainnya. Makanya sebelum terlambat, yuk mulai merawat kelamin. Caranya gampang banget. Baca artikel di bawah ini, terus jadikan itu sebagai pola hidup kalian. Ok!

1. Setiap buang air besar atau kecil, usahakan selalu mencuci bagian luar alat kelamin kita dengan air dan sabun. Cara membersihkannya, untuk cewek siram air dari belakang ke depan. Cara itu berguna banget untuk mencegah masuknya kuman-kuman yang asalnya dari dubur ke vagina. Untuk cowok, cukup bersihkan dengan air bersih. Tapi jangan lupa setelah itu kamu harus mengeringkannya dengan tisu supaya keadaan kelamin kamu nggak lembap. Soalnya keadaan lembap itu bisa mendatangkan bakteri lho.

Buang air kecil di toilet umum, seringkali jadi kendala tersendiri. Selain nggak ada air, juga nggak tersedia tisu. Nah, kendala itu bisa kamu atasi dengan selalu sedia tisu basah khusus untuk daerah kewanitaan. Tisu khusus ini mudah didapat kok. Tapi jangan sering-sering ya, soalnya penggunaan tisu itu bisa membunuh "bakteri baik" yang sebenarnya berguna untuk menjaga kesehatan daerah kewanitaan kamu.

Selain penggunaan tisu basah, sabun khusus daerah kewanitaan yang beredar di pasaran sebaiknya juga jangan sering-sering digunakan. Pokoknya usahakan mencuci vagina atau penis-mu dengan air bersih. Kalau mau menggunakan sabun, pakailah sabun yang nggak ada kandungan parfumnya.

O'ya buat kamu cowok-cowok, kalau kalian suka malas mencuci alat kelamin sehabis buang air kecil, sebaiknya kalian mengubah kebiasaan itu. Jika alat kelamin nggak dibersihkan dengan air, kuman-kuman akan hinggap di alat kelamin mu. Kalau sudah ada kuman, biasanya akan timbul rasa gatal dan sedikit rasa sakit.

2. Cara lain yang nggak kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan kelamin adalah dengan memperhatikan kebersihan pakaian dalam. Dalam satu hari, minimal kamu harus ganti pakaian dalam dua kali. Jika kamu udah merasa nggak nyaman, basah karena keringat misalnya, sebaiknya cepat-cepat deh ganti pakaian dalam kamu itu biar nggak menimbulkan kuman.

Untuk cowok-cowok yang hobi nginep di rumah teman, biasanya suka malas nih ganti pakaian dalam, alias pakai sistem side A-side B. Lebih baik, ubah deh kebiasaan buruk itu dari sekarang. Selain bisa menimbulkan rasa gatal di alat kelamin kamu, itu juga akan berakibat tumbuhnya jamur yang bisa menyebabkan penyakit kelamin lain.

Bahan celana dalam sebaiknya yang menyerap keringat seperti katun. Pakai yang bahannya satin boleh sesekali, kalau sering-sering itu bisa membuat alat kelaminmu lembap karena nggak menyerap keringat. Kalau udah lembap, jamur akan mudah menempel lho di kelamin kamu.

Satu lagi yang nggak boleh juga dilakuin soal urusan pakaian dalam adalah bertukar pakaian dalam dengan orang lain. Meskipun orang lain itu keluargamu sendiri, tetap saja, setiap orang punya keadaan kelamin yang beda-beda.

3. Rambut yang tumbuh di alat kelamin kamu juga harus rajin dicukur ya. Kenapa? Karena ternyata kalau kamu malas mencukurnya, rambut-rambut itu bisa jadi sarang kutu dan jamur. Akibatnya kalau jamur itu udah bersarang di sana, kamu bisa terserang gatal-gatal di daerah sensitif kamu itu.

Tapi kalaupun dicukur, jangan sampai habis dicukurnya. Soalnya rambut-rambut itu punya fungsi juga lho untuk kesehatan alat kelamin kamu. Rambut tersebut berguna untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik yang akan membantu kita melawan bakteri jahat.

4. Hal yang keempat ini khusus untuk para cewek. Kalau lagi menstruasi, jangan malas untuk ganti pembalut. Soalnya pada saat menstruasi itu keadaan alat kelamin kita lagi sesintif banget. Kuman-kuman jadi gampang masuk dan bisa bikin penyakit kelamin. Nah biar kamu terhindar dari itu, usahakan ganti setiap 4 jam sekali atau 2-3 kali sehari. Pokoknya kalau kamu udah mulai merasa nggak nyaman, sebaiknya cepat-cepat diganti ya.

Well, nggak mau kan kena penyakit kelamin karena kamunya nggak rajin merawat bagian sensitif itu. So, mulai sekarang rajinlah merawat dan sayangilah kelaminmu! (eny/)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun