Rabu, 11 Juli 2007

Sering Berkendara? Hati-hati Kanker Kulit
Yulia Dian - detikHot
Anda menghabiskan sebagian besar waktu untuk berkendara? sebaiknya Anda mulai berhati-hati. Sebuah studi menyatakan bahwa orang yang sering berkendara berpotensi besar terserang kanker kulit.

Penelitian ini dilakukan oleh sejumlah mahasiswa dari Saint Louis University School of Medicine. Di Amerika, kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang kasusnya tercatat banyak. Setiap tahunnya lebih dari satu juta orang terkena kanker kulit.

"Di penelitian kami telah dikonfirmasikan bahwa ada hubungan antara waktu orang berkendara dan kanker kulit di bagian kiri, terutama di bagian tubuh pria yang sering kali terkena sinar matahari," ujar peneliti Scott Fosko seperti dikutip detikhot dari cbsnews, Minggu (4/2/2007).

Scott dan timnya melakukan penelitian terhadap 1.047 pasien kanker kulit. Kebanyakan dari mereka menderita kanker kulit yang tidak terlalu berbahaya. Dari keseluruhan pasien itu, 53% dari mereka terkena kanker kulit di sebelah kiri tubuh mereka.

Peneliti memfokuskan tempat-tempat yang biasa terkena matahari ketika mengemudi seperti di tangan kiri, wajah sebelah kiri dan kepala serta leher sebelah kiri. Pria biasanya terkena kanker di area-area tersebut.

Hal ini disebabkan pria lebih sering berkendara ketimbang wanita dan sinar ultraviolet yang mengenai kulit selama menyetir bisa jadi masalah besar. Sementara pada wanita kanker tak lebih banyak tersebar di sebelah kiri tubuh.

"Kami juga menemukan bahwa semua supir yang biasa menyetir sambil membuka jendela lebih berpotensi besar terkena kanker kulit di bagian kiri tubuh mereka," tandas Scott.

Datangnya kanker ini kadang tak bisa terindentifikasi begitu saja. Anda harus lebih cermat lagi menanggapi kesehatan kulit.

Nah, mulai sekarang sebaiknya berjaga-jaga jika memang akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk berkendara di siang hari. Gunakan pakaian pelindung atau pelembab kulit yang bisa menahan sinar matahari terserap kulit.(yla/yla)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun