Kamis, 12 Juli 2007

Siap Wawancara Pertama!

Yulia Dian - detikHot


Anda mulai masuk ke dunia kerja? Mitos dan pendapat dari mulut ke mulut sering membuat kita bergidik dan khawatir ketika menghadapi wawancara pertama kerja. Buang semua itu, simak tips berikut!

Intinya, Anda harus jadi diri sendiri. Perasaan takut dan kekhawatiran gagal dan sebagainya menjelang wawancara hanyalah kekhawatiran Anda sendiri yang bisa jadi terlalu berlebihan.

Maka Anda haruslah optimis. Percaya pada diri sendiri bahwa Anda bisa menghadapi semua dengan baik dan keluar dari tempat wawancara tanpa penyesalan. Ini dia tips yang bisa jadi pegangan Anda.

1. Banyak cari tahu dan mempelajari seluk beluk perusahaan yang akan Anda masuki. Setidaknya itu adalah nilai lebih Anda ketika wawancara kerja. Semakin Anda mengerti tempat kerja dan posisi yang akan Anda duduki dijamin halangan ketika wawancara bisa teratasi.

2. Kuasai keterampilan yang akan mendukung posisi kerja Anda. Jika Anda akan bekerja sebagai sekertaris mungkin belajar ngetik cepat bisa jadi pilihan yang bagus. Mungkin juga menguasai penggunaan kamera bisa jadi modal tambahan jika Anda bekerja sebagai kontributor berita.

3. Usahakan juga Anda menguasai bahasa asing. Setidaknya bahasa Inggris yang mulai kini sudah jadi satu keterampilan yang wajib dimiliki oleh calon karyawan di bidang apapun. Jangan takut juga untuk menguasai bidang lain sebagai keterampilan baru. Tapi Anda juga harus tetap fokus dengan bidang yang tengah Anda geluti.

4. Bersikaplah rasional ketika menjawab pertanyaan tentang besar gaji yang Anda inginkan. Tawarkan saja harga yang terdengar masuk akal bagi seorang pemula. Tak ada salahnya untuk bertanya pada teman dekatmu yang sudah bekerja.

5. Jagalah hubungan baik dengan semua orang. Siapa tahu merekalah yang bisa merekomendasikan Anda ke perusahaan yang tengah mencari staf baru.

6. Untuk hasil maksimal sebelum wawancara coba belajar di depan cermin. Ekspresikan diri Anda yang sebenarnya. Latih body language dan cara Anda menjawab pertanyaan dari pewawancara.

Semoga sukses :) (yla/yla)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun