Rabu, 11 Juli 2007

Stres? Coba Atasi Lewat Relaksasi


Yulia Dian - detikHot


Anda tak punya waktu atau biaya lebih untuk menyegarkan pikiran, tubuh serta semangat? Ini dia saatnya Anda memilih alternatif relaksasi sederhana yang bisa Anda lakukan di sela-sela waktu istirahat Anda.

Daripada pikiran pusing, tubuh tak enak dibawa bekerja dan tak ada semangat, lebih baik Anda ambil sedikit waktu untuk menyegarkan semuanya. Caranya mudah, cukup dengan beberapa tehnik relaksasi dasar saja.

Selain berguna mengurangi stres, relaksasi juga bisa mengobati serangan jantung dan stroke. Ada beberapa tehnik relaksasi yang bisa Anda gunakan.

Yoga
Intinya adalah Anda harus fokus dan bernafas dengan teratur. Yoga telah menjadi alternatif penyembuhan yang populer. Partisipan diminta untuk mengosongkan pikiran mereka terhadap satu tujuan dan menenangkan energi mereka.

Tarikan nafas yang panjangan dengan sedikit peregangan yoga dan beberapa pose dasar bisa menyegarkan tubuh, pikiran dan batin. Walaupun latihan itu hanya Anda lakukan beberapa menit saja, yoga bisa mempengaruhi tampilan seseorang, membuat mereka selalu berpikiran positif dan penuh semangat.

Untuk ikut kelas yoga tidaklah sulit. Dewasa ini banyak sekali kelas yoga yang bisa Anda temui di pusat kebugaran ataupun tempat-tempat kecantikan. Anda juga bisa mempelajarinya sendiri. Lewat buku, juga video. Jika Anda sudah mengenal yoga, lakukan latihan yoga dengan frekuensi yang konsistan untuk hasil lebih baik.

Meditasi
Meditasi juga nggak kalah ampuhnya dengan yoga untuk menghilangkan stres. Meditasi dilakukan dengan cara mengendalikan kekuatan pikiran, menari kebebasan mental dan lolos dari rasa stres. Jika Anda bermeditasi dengan regular, Anda bisa dengan mudah mengatur kekuatan mental, fisik dan emosional.

Anda tak perlu melakukan hal yang berlebihan untuk meditasi. Cukup duduk dalam posisi yang nyaman di lokasi pribadi Anda, tambahkan visual yang menyegarkan di sekitar Anda. Bisikkan kata yang menyegarkan akan membuat Anda mudah fokus. Anda bisa melakukannya dengan mata terbuka atau tertutup.

Pijat
Anda bisa melepas stres dengan pijatan ringan ataupun pijat urut untuk seluruh badan. Bisa dengan Anda coba lakukan sendiri atau pergi saja ke panti pijat langgana Anda.

Yoga, meditasi dan pijat adalah cara terefektif untuk mengembalikan keseimbangan tubuh, pikiran dan semangat Anda. Kekuatan pikiran adalah hal yang paling luar biasa. Kekuatan pikiran juga yang mengendalikan mimpi, kepercayaan dan jadi hal yang paling diandalkan dalam kehidupan. Latihlah tehnik relaksasi dasar untuk mengembalikan rasa kepercayaan diri Anda.(yla/yla)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun