Kamis, 12 Juli 2007

Sulit Hamil? Hindari Camilan!


Yulia Dian - detikHot

Wanita biasanya tak bisa luput dari yang namanya camilan. Sambil nonton, ngobrol atau aktifitas lainnya, camilan adalah teman yang paling setia. Tapi ada yang harus diwaspadai dari camilan. Anda sulit hamil? Mungkin camilan-lah penyebabnya.

Drr. Jorge E. Chavarro beserta mahasiswanya dari Harvard School of Public Health di Boston menemukan bahwa camilan atau makanan ringan punya hubungan erat dengan kesuburan. Wanita yang doyan makan camilan biasanya tidak subur karena di dalam camilan terdapat zat yang mempengaruhi kesuburan yang dinamakan asam lemak.

Asam lemak ini bisa Anda dapatkan dari goreng-gorengan, snack, kue-kue ringan dan camilan lainnya. Selain bikin wanita tak subur, asam lemak juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

"Walaupun tak semua orang berusaha untuk segera hamil, akan jadi ide yang bagus untuk menghindari camilan," ujar Jorge seperti dilansir dari reuters, Senin (19/2/2007).

Asam lemak ini bisa mengganggu aktifitas sel penerima yang terlibat dalam inflammantasi, metabolisme glukosa dan sensitifitas insulin. Untuk meneliti lebih detil tentang masalah ini, para ahli menganalisa data dari 18.555 wanita yang ingin sekali hamil.

Untuk setiap 2% peningkatan kalori dari asam lemak termasuk karbohidrat berisiko mengganggu kesuburan hingga 73%. Dan angka ini akan berlipat ganda ketika dalam makanan tersebut ditemukan zat lemak lainnya.

"Tak sulit untuk mendapatkan 4 gram asam lemak setiap hari. Ini adalah jumlah yang sedikit dari asam lemak namun kami meneliti bahwa asam lemak tersebut puny efek signifikan dalam ketidaksuburan," tandas Jorge.

Nah rupanya sedikit asam lemak saja bisa berakibat buruk bagi kesehatan Anda terutama menghambat Anda untuk segera punya buah hati. Sebaiknya mulai sekarang perhatikan camilan yang biasa dikonsumsi. Jika tak penting sekali sebaiknya hindari.(yla/fta)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun