Rabu, 11 Juli 2007

Sulit Menelan Obat?


Yulia Dian - detikHot

Tak semua orang dengan mudahnya bisa menelan obat jenis pil ataupun tablet. Seringkali orang menelan pil dengan posisi kepala menghadap ke atas. Hal tersebut rupanya salah besar. Ini dia yang harus Anda lakukan.

Usahakan ketika menelan pil atau tablet tundukkan kepala Anda. Teorinya gravitasi akan mendorong pil atau tablet ke kerongkongan. Sehingga Anda tidak tersedak.

Betapa tak nyamannya jika obat itu terasa menyangkut di leher Anda. Jika cara tersebut tidak berhasil, telan obat dengan satu sendok yogurt.

Anda juga bisa menggunakan buah sebagai alternatif mempermudah menelan pil. Pilihlah buah pisang, pepaya, mangga dan buah lain yang lembut. Terlebih dahulu kunyah buah dengan lembut lalu letakkan obat pada kunyahan tersebut dan telah dengan santai.

Usahakan jangan tegang dan takut ketika hendak menelan obat. Jangan tarik lidah Anda, coba dengan sesantai mungkin. Hilangkan pikiran bahwa obat itu akan membunuh Anda.

Cara terbaik, telan pil atau tablet dengan air putih. Jangan gunakan minuman bersoda atau susu ketika menelan obat. Selain mempersulit Anda, obat juga tak akan bereaksi karena bercampur dengan zat yang terkandung dalam minuman tersebut. (yla/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun