Kamis, 12 Juli 2007

Tips Aman Belanja di Akhir Pekan

Yulia Dian - detikHot

Setidaknya sebulan sekali adalah waktu yang sering dipakai orang belanja. Dan akhir pekan sangatlah tepat untuk berkutat di tempat perbelanjaan. Ini dia yang harus Anda waspadai untuk menghindari kejahatan.

Berjalan di tempat umum membawa banyak belanjaan bisa jadi memberi kesempatan bagi para penjahat untuk beraksi. Ini dia beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

1. Usahakan belanja di siang hari. Jika Anda harus belanja malam hari, jangan pergi sendirian. Minta teman atau saudara Anda untuk mendampingi.

2. Jangan menggunakan perhiasan yang berlebih. Cobalah untuk berbusana se-casual dan senyaman mungkin.

3. Terus waspada dengan lingkungan sekitar Anda walaupun Anda tengah buru-buru dan sedang memikirkan banyak hal.

4. Jangan membawa banyak uang tunai. Menggunakan kartu kredit atau debit lebih aman.

5. Simpan uang receh di kantong depan tas Anda atau di saku. Jadi ketika membutuhkannya, Anda tak perlu membongkar-bongkar isi tas.

6. Segera laporkan kehilangan ke bank, ketika kartu kredit Anda hilang, dicuri atau terselip. Blokir saja untuk sementara. Simpan nomor rahasia kartu kredit Anda di tempat yang aman.

7. Ekstra hati-hatilah jika Anda membawa dompet atau tas. Target kriminal terbanyak terjadi di tempat ramai perbelanjaan, terminal, pemberhentian bis, di bis ataupun tempat transit lainnya.

8. Hindari memaksakan diri membawa banyak belanjaan. Sangatlah penting untuk bebas bergerak di tempat ramai seperti itu.

9. Waspada kepada orang asing yang coba mendekati Anda untuk alasan apapun. Dewasa ini banyak sekali kejahatan yang dilakukan dengan tipuan hipnotis. Tanpa sadar uang dan barang-barang berharga Anda pun melayang.

Demikian dilansir dari hickoryrecord, Jumat (24/11/2006). Mulai sekarang lebih berhati-hatilah!(yla/yla)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun