Kamis, 12 Juli 2007

Tips Bagi Karyawan yang Berniat Kost


Menjadi anak kost merupakan alternatif yang banyak dipilih oleh mahasiswa dan karyawan dengan pertimbangan agar lebih dekat ke kampus atau ke kantor. Memang, meski 'anak kost' identik dengan mahasiswa, belakangan ini karyawan dan profesional banyak yang memilih untuk kost.

Tapi masalahnya memilih tempat kost itu gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena jumlah tempat kost di lingkungan kantor begitu banyak. Sehingga anda bebas memilih kost dimanapun anda ingin.
Dibilang susah karena kalau salah pilih anda bakal 'nggak' betah. Untuk itu anda harus lebih hati-hati dan selektif dalam memilih ‘tempat kost’.

Bagi anda yang berencana kost, perhatikan tips berikut ini:
* Carilah lokasi kost yang tidak terlalu jauh tapi juga jangan terlalu dekat dengan kantor. Karena kalau terlalu jauh, anda akan banyak mengeluarkan biaya dan menghabiskan waktu untuk perjalanan. Sedangkan jika terlalu dekat, dikhawatirkan teman-teman anda banyak yang menumpang ke kost, sekedar untuk istirahat siang atau ‘ngobrol’. Hal ini tentu akan mengganggu privasi anda bukan? Sedangkan tujuan anda kost salah satunya adalah untuk ketenangan.

* Tanyakan informasi lokasi kost pada teman-teman anda. Atau bisa juga tanyakan pada tukang ojeg atau pedagang yang ada di sekitar kantor anda. Mereka ini pasti mengetahui informasi tempat kost di lingkungan kantor anda.

* Perhatikan fasilitas yang ada di tempat kost. Cermati apakah fasilitas di tempat kost itu cukup bagus, misalnya ada telepon, kamar mandi di dalam kamar, atau mungkin ada pelayanan cuci setrika baju. Biasanya para karyawan memilih kost dengan fasilitas yang lengkap karena umumnya karyawan dan karyawati tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus keperluan pribadinya seperti mencuci dan menyetrika baju.

* Perhatikan juga lingkungan sekitar tempat kost. Sebaiknya anda memilih kost dengan lingkungan strategis sekaligus sehat. Strategis artinya tempat kost tersebut dekat dengan fasilitas umum seperti wartel, rumah makan dan tranportasi umum. Dan sehat dalam arti tidak berada dalam lingkungan yang padat dan berisik. Karena bagaimanapun juga anda sebagai karyawan membutuhkan ketenangan dan kenyamanan untuk beristirahat setelah seharian bekerja.

* Jangan lupa pertimbangkan biaya sewanya. Jangan sampai biaya kost tidak seimbang dengan fasilitas yang diberikan. Kost dengan sewa mahal namun berfasilitas lengkap dan sesuai dengan selera anda tentu tidak masalah kan? Apalagi jika penghasilan anda cukup besar. Tetapi jika penghasilan anda biasa-biasa saja pilihlah kost dengan biaya terjangkau tetapi dengan fasilitas memadai.

* Pilihlah kost dengan ‘image’ yang baik atau positif. Tentu saja image kost ini sangat dipengaruhi oleh ‘penghuni’ kost itu sendiri. Jika penghuni kost tersebut berkelakuan baik dan ‘tidak menyimpang’ tentu image kost itu juga bagus. Nah anda perlu mencari tahu kost yang berimage baik dan yang tidak.
Karena hal ini akan berpengaruh juga pada ‘image’ diri anda. Kalau anda berada di lingkungan yang negatif, secara tak langsung anda juga akan dicap negatif. So, bersikaplah selektif, jangan sampai salah pilih.

* Perhatikan juga keamanan kost yang anda pilih. Jangan memilih kost yang penghuninya sering kehilangan barang. Dan jangan memilih kost yang membebaskan ‘orang luar’ keluar masuk kost. Karena anda pasti ‘nggak’ mau kan menjadi korban ketidakamanan?

Kalau anda yakin sudah menemukan tempat kost yang cocok dan memenuhi syarat, segera temui ibu kost yang bersangkutan untuk membicarakan pembayarannya. Tapi, walau kost dan jauh dari pengawasan orangtua, sebagai pribadi yang dewasa anda tentu bisa membatasi diri dalam memaknai kebebasan. Ingat, perilaku anda yang buruk di tempat kost akan mempengaruhi kredibilitas anda di kantor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun