Kamis, 12 Juli 2007

Tips Cegah Keputihan


Yulia Dian - detikHot

Keputihan pastinya amat sangat mengganggu. Setiap permasalah tentunya punya penyelesaian. Berikut sedikit tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah datangnya keputihan.

Setiap wanita pastinya pernah mengalami bagaimana rasanya kedatangan keputihan. ejala keputihan yang normal biasanya terkait dengan fungsi kelenjar di sekitar vagina, mulut rahim maupun bagian dalam rahim.

Keputihan sebenarnya dapat menjadi tanda kesuburan seorang wanita. Keputihan biasa datang 2 minggu setelah haid akibat meningkatnya aktifitas hormon. Namun kadang kadar dan jumlah yang berlebih membuat keputihan jadi tidak normal.

Tanda-tanda keputihan tidak normal adalah warnanya kuning kehijauan atau hampir menyerupai nanah, lebih kental dan padat, bau apek atau amis, nyeri saat buang air kecil dan disertai rasa gatal. Inilah yang harus Anda waspadai.

Untuk mencegah keputihan yang tidak normal, basmilah penyakit mulai dari sumbernya. Berikut tips ringan yang wajib Anda lakukan:

1. Biasakan untuk membasuh daerah vagina atau dubur dengan arah dari depan ke belakang. Hal ini tujuannya untuk menghindari infeksi dari mikro organisme yang berasal dari anus.

2. Hindari pemakaian pakaian dalam yang ketat dari bahan yang tidak menyerap keringat dan tidak nyaman dipakai. Lebih baik gunakan pakaian dalam berbahan katun.

3. Ketika menggunakan toilet di tempat umum biasakan membasuh alat kelamin dengan air langsung dari kran. Jangan gunakan air yang menggenang. Karena kita tak pernah tahu air tersebut mengandung bakteri apa yang mungkin bisa berbahaya. Apalagi jika air tersebut telah tercemar jamur candida.

4. Keringkan alat kelamin dengan handuk atau tisu bila terasa berkeringat atau setelah buang air. Ini dapat mengurangi kelembaban udara di sekitar kelamin Anda yang menyebabkan gampang lecet.

5. Sebaiknya untuk membersihkan daerah sekitar alat kelamin gunakan sabun tanpa parfum. Ini untuk menghindari aroma tak sedap yang muncul karena tingkat kelembaban daerah kelamin tidak bisa diprediksi setiap saat.

6. Sebaiknya hindari melakukan hubungan intim sampai keputihan dirasa hilang. Dikhawatirkan tindakan tersebut akan membuat keputihan malah semakin parah. Keputihan yang sudah sangat tidak normal sebaiknya diperiksakan ke dokter dan ikuti prosedur pengobatan yang paling dianjurkan oleh dokter.(yla/)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun