Kamis, 12 Juli 2007

Tips Hilangkan Penyakit Lupa


Pernahkah tiba-tiba Anda lupa pada sesuatu yang seharusnya Anda ingat? Misalnya lupa jawal meeting, lupa meletakkan note book, bahkan lupa dimana Anda meletakkan kacamata Anda. Belakangan ini, penyakit lupa memang bukan hanya dialami oleh kaum lansia. Menurut pakar, sering lupa merupakan gejala yang sering timbul jika seseorang jarang menggunakan otaknya. Jenuh dengan rutinitas juga merupakan salah satu penyebab lupa.

Nah Anda yang masih muda tetapi mulai sering 'lupa', jangan diem aja. Anda harus mengatasinya. Anda harus mengasah otak Anda agar selalu dapat berpikir jernih dan kreatif. Ini dia tipsnya:

Pilih waktu yang tepat untuk berpikir
Pada orang yang lebih tua, pagi hari merupakan waktu yang paling pas untuk berpikir. Sedangkan pada sebagian besar orang yang lebih muda, waktu sianglah yang paling cocok. Carilah sendiri waktu mana yang paling nyaman bagi Anda bila hendak memeras otak.

Pelajari pengetahuan baru
Dengan mempelajari hal baru, otak akan terlatih untuk mengingat dan mengolah data. Setiap kali ada informasi pengetahuan baru tak ada salahnya Anda pelajari sekedar men-charge otak Anda.

Catat hal-hal yang penting
Catatlah selalu hal-hal ingin Anda ingat. Karena tulisan lebih bisa diandalkan daripada ingatan. Letakkan catatan tersebut di tempat yang mudah terlihat. Misalnya di atas meja kerja atau di depan cermin di rumah. Sehingga hal penting tersebut itu senantiasa ada dalam ingatan Anda.

Milikilah keterampilan
Mempelajari keterampilan baru dan kemudian melatihnya secara berkelanjutan terbukti mampu meningkatkan kemampuan ingatan manusia. Pilihlah ketrampilan yang menarik minat Anda. Misalnya merangkai bunga, kursus montir, belajar musik, dan sebagainya.

Biasakan berpikir alternatif
Setiap kali menyelesaikan pekerjaan atau menghadapi masalah, biasakan untuk memiliki cadangan solusi. Sehingga jika solusi yang satu gagal, Anda masih memiliki alternatif solusi yang lain. Memiliki lebih dari dua alternatif akan lebih baik.

Berteman dengan orang yang pintar
Penelitian membuktikan orang yang berada di lingkungan yang terdiri dari orang-orang yang pintar dan cerdas, akan terbawa cerdas pula. Karena lingkungan memang saling mempengaruhi. Maka jika ingin pintar bergaullah dengan orang yang pintar. Ini bisa mencegah 'pelupa'.

Beri perhatian pada hal-hal yang perlu Anda ingat
Setiap kali Anda menghadapi hal yang penting, cobalah untuk memberi perhatian lebih. Misalnya ketika Anda bertemu klien bisnis baru, ingat dan catat namanya dengan baik. Konsentrasikan pikiran Anda pada hal yang penting itu.

Dengarkan musik
Mendengarkan musik, bukan cuma bermanfaat bagi ibu-ibu yang tengah mengandung. Mendengarkan musik yang lembut saat Anda suntuk diyakini dapat menyegarkan otak bahkan jiwa Anda. Cobalah menikmati musik dengan keadaan rileks. Hal ini akan membuat pikiran Anda lebih segar dan jernih. Karena dalam keadaan tenang, darah akan mengalir lancar ke otak Anda.

Berolahragalah
Olahraga secara secara teratur terbukti meningkatkan kinerja fisik dan otak Anda. Alasannya, karena saat berolahraga pasokan oksigen ke dalam tubuh akan meningkat drastis. Termasuk pula pasokan untuk otak. Di samping itu, olahraga juga dapat merangsang peningkatan neurotrofin di dalam tubuh yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan sel otak.

Lakukan hal-hal di luar kebiasaan
Beranilah bereksperimen di segala bidang yang Anda lakukan. Misalnya jika dalam menyelesaikan tugas Anda menggunakan cara X, cobalah gunakan cara Y. Jangan takut salah, Anda akan menemukan tantangan baru dan terpacu untuk menyelesaikannya dengan baik. Atau jika Anda biasa lewat jalan A, sesekali lewati jalan B. Ini akan mengusir rasa jenuh dan menambah pengalaman baru.

Cintailah pekerjaan
Mencintai pekerjaan adalah salah satu kunci sukses dalam meniti karir. Dengan cinta, Anda dapat lebih ikhlas dan semangat dalam bekerja. Sehingga segala hal yang menghambat pekerjaan Anda dapat Anda singkirkan dengan baik, termasuk hambatan 'pelupa'.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah mulai dirasuki penyakit pelupa padahal usia Anda masih muda belia? Jika ya, coba deh tips dan saran tadi. Dijamin penyakit lupa Anda akan pulih dan pikiran pun lebih jernih. Bukan itu saja, Anda pun menjadi lebih kreatif dan inovatif. So, Anda yang tidak pelupa pun, bisa melakukan hal di atas dalam rangka pencegahan. Pokoknya hindari penyakit lupa sedini mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun