Kamis, 12 Juli 2007

Tips Menangani Proyek Baru


Bagi sebagian karyawan, menangani proyek yang sama sekali baru menimbulkan keraguan dan kekhawatiran tersendiri. Maklum biasanya proyek baru memang tidak begitu dikuasai, sehingga wajar jika ada perasaan takut salah dan takut gagal.

Padahal proyek baru adalah tantangan yang harus dihadapi. Nah untuk mengatasi kesulitan saat memulai proyek baru, coba ikuti tiga tips dari pakar ekonomi Bits & Pieces yang secara psikologis dapat membangkitkan semangat Anda:

Tetapkan batas waktu untuk Anda sendiri
Batas waktu atau deadline yang Anda tetapkan untuk Anda sendiri akan memacu Anda untuk mulai menyelesaikan pekerjaan sesegera mungkin. Tekanan batas waktu ini sangat membantu Anda 'memompakan' semangat untuk menghadapi tantangan baru. Nah, nggak ada salahnya loh Anda tetapkan deadline untuk diri sendiri.

Biarkan orang tahu proyek yang Anda kerjakan
Nggak perlu sembunyi-sembunyi dalam menangani dan menerima proyek baru. Jangan takut dengan pendapat atau anggapan orang lain terhadap cara kerja Anda. Justru jika publik mengetahui apa yang tengah Anda kerjakan, akan memicu energi dan semangat Anda untuk menyelesaikannya dengan baik.

Janjikan hadiah bagi diri sendiri
Nggak ada salahnya Anda memberi penghargaan untuk diri sendiri. Berjanjilah bahwa Anda akan memberikan hadiah bagi diri Anda jika selesai menangani proyek baru tersebut. Hadiah itu bisa macam-macam, tapi pada intinya adalah sesuatu yang Anda suka. Misalnya jika Anda mengidamkan berlibur ke Bali, maka lakukanlah ketika proyek Anda selesai. Atau jika Anda sedang menginginkan sebuah arloji dengan merek tertentu, begitu proyek Anda selesai, kunjungi toko jam langganan Anda dan belilah arloji yang Anda inginkan. Walau hadiah ini bukan dari orang lain tapi bisa 'membakar' gairah Anda untuk menghasilkan yang terbaik.

Memang ketiga tips di atas tidak secara langsung dapat menjamin proyek Anda akan sukses. Namun, paling tidak hal tersebut dapat membangkitkan kegairahan, semangat, dan rasa percaya diri Anda untuk mulai melakukan sesuatu yang baru. Selebihnya tentu saja harus Anda realisasikan dengan tindakan nyata seperti kerja keras disertai komitmen dan tanggung jawab penuh. Selain itu jangan ragu bertanya pada mereka yang pernah menangani proyek tersebut. Selamat menangani proyek baru...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun