Selasa, 21 Agustus 2007

Kenali Kanker Kulit Sejak Dini


Anindhita Maharrani - detikHot

Siapapun bisa terjangkit kanker kulit. Tapi, orang dengan warna kulit terang lebih rentan terkena jenis kanker kulit yang lebih spesifik, daripada mereka yang warna kulitnya lebih gelap.

Menurut situs skin-care-guide.com, kanker kulit bisa memakan waktu 20 tahun untuk berkembang dalam tubuh. Jaga kulit Anda agar tidak terbakar. Karena semakin sering itu terjadi, semakin tinggi risiko terkena kanker kulit.

Gejala awal kanker kulit mudah dikenali. Namun bisa disembuhkan jika Anda menemukannya di tahap awal. Langkah pertama mendeteksi kanker kulit bisa dimulai dengan rajin memperhatikan kulit. Sisihkan waktu 15 menit saja setiap bulannya. Perhatikan apakah ada perubahan warna kulit. Atau ada tahi lalat yang lain dari biasanya.

Umumnya ada sejenis kulit kasar mirip luka yang terasa gatal di kulit. Biasanya muncul di balik telapak tangan, wajah, telinga, leher, bibir, atau lengan bawah. Waspadalah jika usia Anda berksiar antara 20-40 tahun. Semakin tua usia seseorang, biasanya semakin menyebar.

Beberapa cara untuk menghindarinya adalah dengan mandi menggunakan air hangat, bukan panas. Gunakan pelembab dan krim tabir surya untuk menjaga kelembaban kulit.(dit/dit)