Selasa, 21 Agustus 2007

Sikatlah Gigi dengan Baik dan Benar


Anindhita Maharrani - detikHot

Menyikat gigi setiap hari kita lakukan. Tapi sudahkah kita lakukan dengan benar? Karena sebenarnya bukan tipe sikat gigi atau merk pasta gigi yang mempengaruhi kesehatan dan putihnya gigi, tapi teknik menyikatnya.

Sikat gigi membersihkan secara efisien ketika bulu sikat yang berbentuk bundar disapukan pada permukaan gigi dengan sedikit tekanan.

Sikat gigi Anda dengan gerakan berputar kecil. Lakukan dari gigi bagian luar, dari belakang ke depan. Lanjutkan ke gigi bawah bagian dalam, lalu bagian dalam gigi atas. Setelah itu arahkan sikat untuk membersihkan permukaan gigi yang biasa Anda gunakan untuk mengunyah makanan. Terakhir, sikat permukaan lidah. Ini berguna untuk mengangkat kelebihan plaque.

Ada baiknya juga Anda mengimbangi teknik menyikat gigi dengan tipe sikat gigi yang baik. Pilih yang berkepala pendek, dengan bulu halus.

Sikat gigi dua kali sehari. Setelah sarapan, dan sebelum tidur. Pastikan Anda tidur dengan gigi bersih. Karena di malam hari aktivitas bakteri sangat tinggi.(dit/dit)