Rabu, 17 Oktober 2007

Menangis Yuk!

Amelia Ayu Kinanti - detikHot

Banyak orang menganggap menangis itu adalah simbol dari hilangnya kontrol diri dan kelemahan. Namun tahukah Anda bahwa ternyata menangis mempunyai dampak yang positif bagi tubuh?

Manusia merupakan satu-satunya mamalia yang dapat meneteskan air mata. Biasanya Manusia menangis ketika ingin melepaskan seluruh
emosinya.

Psikolog dari Yang Guang Hua Ren Psychological Service, Li Jin menjelaskan bahwa ternyata menangis mempunyai efek yang positif untuk tubuh. Selain melepas stress, keluarnya air mata saat menangis dapat membantu tubuh membuang zat-zat yang tidak diperlukan, serta racun di dalam tubuh.

Dengan menangis, seseorang akan melepas semua tekanan yang ada pada dirinya. "Ketika seseorang merasa tertekan, frustasi, marah dan emosi negatif lainnya, cara yang efektif untuk mengatasinya adalah dengan melepaskan seluruh rasa itu," ujar Li Jin.

"Stress buruk bagi kesehatan, otak dan organ tubuh lainnya. Menangis itu sehat, natural. Sebaiknya jangan tunggu emosi negatif Anda berubah menjadi kelainan depresi," lanjut Li Jin seperti detikhot kutip dari Chinadaily.

Jadi, silahkan jadikan menangis sebagai alternatif pereda stress Anda. Selain alami dan tanpa zat kimiawi, menangis tidak mengharuskan Anda mengeluarkan biaya apapun, alias gratis. (eny/eny)