Sabtu, 19 Juli 2008

10 Kegagalan Seorang Pemimpin


Meskipun seseorang dapat mengalahkan ribuan orang sebanyak ribuan kali dalam suatu peperangan, ia bukanlah penakluk yang terunggul. Namun seseorang yang mampu menaklukkan diri sendiri itulah yang disebut pemenang yang terunggul dalam peperangan.

1. GILA KEKUASAAN
Yang suka akan "pujian dan sanjungan" dan bukan hasil dari usaha. Kondisi ini akan memunculkan orang2 "ABS: asal bos senang" dan "yes man"

2. TIDAK MAMPU / TIDAK MAU MENDELEGASIKAN TUGAS
Faktornya bisa saja karena "takut" tersaingi jika bawahannya akan menjadi semakin pintar atau sama sekali tidak tahu bagaimana mendelegasikannya.Akhirnya yang timbul adalah "stress" dan "depresi" karena selalu "one man show!"

3. ILMU PENGETAHUAN KURANG MEMADAI
Bisa dibayangkan apa yang terjadi bila seorang pemimpin tidak tahu atau tidak menguasai suatu managemen sendiri. Konsumen pasti akan segera beralih ke produk pesaing karena tidak adanya suatu kepastian.

4. SUKA MEMAKSAKAN KEHENDAK
Semua di"legal"kan asalkan apa yang dikehendaki dipatuhi 100% dan juga dijadikan sebagai satu2nya pedoman. Bantahan/kritikan dalam bentuk apapun di"haram"kan.

5. TIDAK MAMPU / TIDAK MAU BERADAPTASI
Salah satu kiat agar mudah bersosialisasi di lingkungan manapun adalah adanya kemampuan / kemauan untuk "mau' mengadaptasikan diri. Tanpa adanya kemampuan / kemauan ini maka apapun tidak akan bisa terlaksana dengan baik dikarenakan tidak adanya "support"

6. TIDAK MAU MENERIMA IDE
Menganggap diri sendiri adalah yang terbaik dan semua ide orang lain adalah"useless" merupakan muara kemerosotan.
Remember : "nobody is perfect !"

7. LARI DARI KENYATAAN
Jika mengalami kegagalan, semua orang dikambinghitamkan atau dikorbankan.Disamping itu juga tidak mampu / tidak mau menerima kenyataan yang terjadi /dialami, itulah ciri khas dari seorang "pengecut"

8. TIDAK MAU INTROSPEKSI DIRI
Logikanya, penilaian objektif, baik tidaknya atau sempurna tidaknya diri seseorang adalah orang lain. Sungguh "picik" jika seseorang sanggup memproklamirkan bahwa dirinya adalah yang terbaik.

9. MEMBAJAK IDE ORANG
Ini adalah hal yang sangat memalukan dan secara tidak langsung juga telah memvonis diri sendiri "under value"

10. BERGAUL DENGAN ORANG SESAT
Maknanya adalah bergaul dengan orang2 yang senang memuji di kala kita salah dan mengkritik di kala kita benar. Disamping itu juga senang dan suka melakukan perbuatan tercela.

Telahkah anda hilangkan ke sepuluh sifat destruktif ini ?
Jika, YA maka anda sudah pantas menjadi seorang PEMIMPIN.

Posted by DJODI ISMANTO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun