Kamis, 06 Maret 2008

Bahayanya Kipas Angin & A.C

Bahaya Semburan AC dan Kipas Angin !!

Pengalaman berharga dari seorang teman. Kita perlu
berhati-hati.

Rekan2, pd 17 Juli 2003, pundak/bahu kanan saya terasa nyeriluar biasa.

Waktu itu saya lagi tugas di Singapore . Pagi hari sudah
agak
terasa sakit
tapi begitu sore sewaktu mau pulang kantor sakitnya semakin menjadi-jadi.

Saya tidak ambil pusing karena saya pikir hanya masalah salah posisi waktu tidur. Saya langsung pulang ke hotel. Malam hari terasa semakin sakit

(ngebet sekali), sampai saya tidak dapat tidur sama sekali. Ketika di kantor pagi harinya saya ceritakan ke teman kantor saya yang orang Indonesia . Dia sarankan saya untuk mencari tukung urut, bayarnya SIN $25,00. Tapi sebelum memutuskan untuk pergi,saya ceritakan ke teman kantor lainnya yang orang Singapore .

Dia (setengah) memaksa saya untuk pergi ke dokter dan sangat tidak
menganjurkan saya pergi ke tukang urut ; karena menurut
dia, saya menderita frozen shoulder - penyakit yang biasa terjadi pada

pekerja kantor yang sepanjang hari bekerja di kantor.
Akhirnya karena sudah tidak tahan saya ikuti saran teman saya yang
orang
Singapore tsb untuk pergi ke dokter. Saya diajak ke klinik rekanan kantorsaya. Setelah ditanya ini itu dsb dst, oleh dokter saya dibilang

menderita FROZEN SHOULDER persis seperti yang teman saya bilang tadi. Saya diberi obat penghilang rasa nyeri dan melemaskan otot, namanya Vioxx,

dosis 25 mg.

Diminum 1 x sehari. Begitu pulang dari dokter saya langsung minum 1 tablet(di kantor), dan alhamdulillah efeknya langsung terasa. Malam
hari saya

sudah bisa tidur pulas, dan besok paginya saya sudah sembuh 80%,tapi

> > belum

> > bisa nyisir rambut dan menggsok gigi. Tapi rasa nyeri sudah hilang.

> > Teman

> > saya yang orang Indonesia tadi saya beritahu keadaan saya pada

siang

> > harinya, lalu saya kasih dia nama obatnya. Dia catat entah untuk

apa.

> >

> > Pagi ini saya dapat email dari teman saya yang orang Indonesia tsb,

> > bercerita tentang penyakit FROZEN SHOULDER tsb.

> > Berikut ini, saya forward emailnya untuk rekan22 semua. Semoga

> > bermanfaat.

> >

> > Ternyata Frozen Shoulder emang ada. Gue pikir cuman istilah

singaporean

> > dokter aja.

> > Suhu AC yang kelewat dingin dan semburan udaranya yang langsung

> > mengenai

> > wajah, kepala, dan leher dalam waktu lama (misalnya saat tidur

malam),

> > menyebabkan beberapa gangguan saraf.Semburan udara langsung

tersebut

> > bisa

> > dari AC dan kipas

> > angin.

> >

> > Menurut Dr. Wendra Ali.Sp.S, spesialis saraf di RS Internasional

> > Bintaro,berbagai gangguan itu antara lain:

> >

> > Bell's palsy (kelumpuhan wajah sesisi)

> >

> > Penyakit ini menyebabkan terjadinya pembengkakan saraf wajah (saraf

> > ke-7)satu sisi.Biasanya penderita akan merasa salah satu

> > matanya pedih ketika cuci muka, karena mata itu tak dapat

dipejamkan.

> > Ia

> > juga sulit berkumur, mulutnya miring/mencong, bicaranya pelo, saat

> > minum

> > airnya akan meler, dan pengecapan lidah berkurang. Penemuan

terakhir

> > menunjukkan adanya kemungkinan infeksi virus yang terbawa oleh

udara

> > atau

> > angin.

> >

> > Penyakit ini sering dijumpai dan biasanya menyerang remaja dan

dewasa

> > muda.

> > Bila terjadi pada orang tua harus dipikirkan kemungkinan gejala

> > stroke.Bell' s palsy dapat disembuhkan bila cepat ditangani.

Terapinya

> > bisa

> > dengan obat antiinflamasi / antiedema, antivirus dan vitamin saraf.

> > Penderita juga harus melakukan senam muka (facial exercise).

Pasien

> > biasanya akan pulih dalam waktu 1-6 minggu.

> >

> > Tortikolis (leher tengeng/salah bantal)

> >

> > Penyakit ini biasanya terjadi saat orang bangun tidur. Penderita

merasa

> > lehernya kaku, tidak bisa menengok kesatu sisi, juga nyeri seperti

> > disetrum

> > bila dipaksakan bergerak. Bila bicara atau batuk akan terasa sakit.

> > Penyakit ini dapat diobati dengan suntikan pada titik-titik nyeri

di

> > leher

> > serta pemberian obat antiradang. Bila perlu bisa dilakukan terapi

> > pemanasan.

> >

> > Frozen shoulder (bahu beku)

> >

> > Penyakit ini biasanya timbul di saat bangun tidur pagi. Penderita

tidak

> > sanggup menggosok gigi dan menyisir rambut karena

> > pergelangan bahunya terasa sakit bila lengan diangkat atau

digerakkan.

> > Bila

> > tidak diobati tentu akan membatasi pergerakan

> > bahu, dan bila penyakitnya menahun perlu dilakukan tindakan

operasi.

> > Pengobatannya terdiri dari pemberian obat anti-radang, anti nyeri

dan

> > suntikan pada pergelangan bahu. Juga perlu terapi pemanasan

ditambah

> > latihan bahu.

> >

> > Carpal tunnel syndrom

> >

> > Adalah penyakit dengan gejala kesemutan dan nyeri pada tangan

terutama

> > 3

> > pertama (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah).

> > Gejala akan lebih terasa pada malam hari dalam ruang ber-AC. Gejala

itu

> > disebabkan adanya pembengkakan saraf yang melewati terowongan di

> > pergelangan tangan. Penyakit ini dapat disembuhkan bila cepat

> > ditangani.

> >

> > Dr. Wendra menambahkan, suhu dingin AC berbahaya bagi penderita

> > rematik.

> > Pada penderita migren pun AC bisa memicu kekambuhan.