Senin, 10 Maret 2008

Setelah Cabut Gigi, ngapain ya?

Tags: bengkak, Cabut Gigi, dokter gigi, gigi, kumur, pendarahan, sakit


Setelah cabut gigi (ekstraksi gigi) ada beberapa hal yang harus dilakukan pasien dirumah, diantaranya adalah :



Gigit kapas kuat-kuat selama 1 jam . Bila masih terasa berdarah, beri kompres es pada pipi di daerah gigi yang dicabut selama 10 menit , kalau perlu diulangi beberapa kali.

Setelah kapas dibuang, kumurlah dengan air dingin (ada yang menganjurkan dengan air teh pahit, yang sangat pekat dan dingin). Kumurnya harus perlahan-lahan, dengan air ditahan di dalam mulut selama 2-3 menit. Bila gerakan kumur terlalu kuat, maka akan mengganggu proses pembekuan darah pada luka bekas cabut. Selama 24 jam setelah pencabutan jangan berkumur keras-keras.

Jangan makan dan minum yang hangat atau panas, hindari pula makanan dan minuman beralkohol dan puasa merokok selama 24 jam setelah pencabutan

Jangan sering meludah
Jangan mengisap-isap lubang bekas pencabutan, dan jangan mengisap atau menyedot (misalnya merokok atau minum dengan sedotan)

Setelah 24 jam bila luka sudah benar-benar tidak berdarah lagi (sudah kering), maka kumurlah dengan air garam yang hangat. Ini untuk mempercepat penyembuhan luka. Lakukan secara teratur 2-3 kali sehari, misalkan setelah menggosok gigi atau setelah makan. Jaga kebersihan lubang bekas pencabutan.

Bila selama 2 jam sesudah pencabutan tidak ada tanda-tanda berkurangnya perrdarahan maka kembalilah ke dokter gigi anda.