Senin, 28 April 2008

Aduh, Telat Lagi!


Agar terhindar dari situasi panik dan stres karena Anda telat, lakukan pengaturan jadwal yang kreatif seperti yang diberikan berikut ini. Jangan lupa, tanamkan sikap disiplin.

1. Buat Perhitungan
Artinya, tahu waktu yang diperlukan. Misalnya, besok pagi punya janji jam 10.30, maka yang perlu Anda lakukan:
MALAMNYA:
* Waktu tidur yang Anda perlukan adalah 8 jam.
* 30 menit waktu yang Anda perlukan untuk tertidur.
PAGI:
* Selalu majukan 30 menit dari waktu yang diperlukan.
* Anda butuh 90 menit untuk bangun, mandi, berpakaian, dandan, sarapan, dan sebagainya.
* Anda memerlukan waktu sedikitnya 5 menit untuk memanaskan mobil.
* Perhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi yang dituju, misalnya lalulintas pada jam sibuk atau tidak.
Jam berapa harus bangun? Tambahkan beberapa menit dari waktu yang diperlukan. Misalnya memerlukan waktu 175 menit - kurang lebih 3 jam, dari saat Anda bangun sampai di tempat tujuan. Anda harus tiba di lokasi jam 10.30 berarti harus bangun tidur tidak lebih dari jam 07.30. Gunakan timer untuk memastikan Anda terbangun. Juga pastikan agar cukup tidur pada malam sebelumnya.

2. Tambah Sekian Menit
Jangan lupa untuk selalu melebihkan perkiraan waktu yang diperlukan. Hal ini akan membantu bila tanpa diduga ada "gangguan".

3. Pasang Alarm
Alarm tidak hanya berfungsi untuk membangunkan dari tidur di pagi hari, tetapi juga untuk mengingatkan waktu pertemuan dan lainnya.

4. Siapkan Sebelumnya
Pada malam sebelumnya, siapkan dokumen atau perlengkapan yang harus dibawa agar keesokan harinya Anda tidak perlu terburu-buru.

5. Setel Jam
Tambahkan beberapa menit pada jam. Lalu coba lupakan bahwa Anda telah menyetelnya lebih cepat agar anda tidak merasa memiliki waktu lebih.

6. Tahu Lokasi
Bila akan pergi ke suatu tempat yang tidak biasa Anda datangi, cari informasi lengkap atau pelajari peta bila perlu. Bila akan menggunakan kendaraan umum, tentukan jadwal berangkat dan jam tiba. Cari tahu pula tentang jalan alternatif yang bisa ditempuh agar tetap bisa tepat waktu ketika tiba di tujuan. Pasang radio di mobil Anda untuk memantau situasi lalu lintas.

7. Tiba Lebih Awal
Bila rapat/pertemuan dimulai jam 12.00, rencanakan untuk tiba di lokasi yang dituju sekitar jam 11.30 atau setidaknya jam 11.45. Dengan tiba lebih awal akan memberi waktu pada Anda untuk membaca laporan atau presentasi yang telah Anda persiapkan malam sebelumnya.


Aline

Sumber : NOVA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun