Kamis, 03 April 2008

Dying Inside

Puluhan tahun yang lalu, di sebuah desa ada seorang tua, pekerjaan beliau adalah tukang asah pisau keliling. Setiap hari orang tua tersebut berkeliling dari rumah ke rumah untuk menawarkan jasanya.

Beliau berkeliling sambil membunyikan lonceng kecil, untuk menarik perhatian orang.Pada awalnya, banyak sekali orang yang memanfaatkan jasa beliau.Setiap hari selalu ada saja orang yang mengasahkan pisau ataupun gunting mereka ke orang tua tersebut.

Dengan pekerjaan mengasah pisau, orang tua tersebut bisa menghidupi keluarganya.Tahun demi tahun berlalu, jaman semakin modern dan membuat segalanya menjadi praktis.

Demikian juga, pisau-pisau maupun gunting-gunting yang ada di pasaran semakin berkualitas dan murah.
Sehingga perlahan-lahan tidak ada lagi orang yang mengasahkan pisau atau guntingnya.Mereka lebih memilih untuk membeli yang baru daripada mengasahkannya.

Akibatnya, tidak ada lagi orang yang membutuhkan jasa orang tua sipengasah pisau tersebut. Tetapi setiap hari orang tua tersebut tetap berkeliling seperti biasa, dengan harapan masih ada orang yang mau memanfaatkan jasanya.

Awalnya, orang tua tersebut masih bersemangat. Tapi lama-kelamaan,semangatnya semakin kendur karena dia merasa tidak ada lagi orang yang membutuhkan dia.


Waktu berlalu, akhirnya tidak lama, orang tua tersebut meninggal. Ada yang mengatakan bahwa orang tua tersebut meninggal karena kanker.

Tapi sebenarnya apa yang menyebabkan orangtua tersebut meninggal?
Apa yang akan Anda rasakan bila tidak ada lagi orang yang membutuhkan Anda?
Anda akan merasa " dying inside ".

Menurut teori kebutuhan Abraham Maslow, kebutuhan manusia yang paling tinggi adalah aktualisasi diri.
Anda akan merasa sangat berarti bila Anda dibutuhkan oleh banyak orang.
Oleh karena itu, buatlah sesuatuyang dapat membuat diri Anda dibutuhkan, kembangkan potensi diri Anda !

Posted by DJODI ISMANTO