Selasa, 10 Juli 2007

Lebih Produktif Tanpa "Kerja Keras"



Selama ini produktif identik dengan 'kerja keras' dan lelah. Tapi jangan salah, ternyata ada resep agar anda dapat meningkatkan produktivitas tanpa terlalu lelah. Caranya? Coba ikuti tips dari Liza Kanarek dalam bukunya Everything's Organized berikut ini:

- Gunakan kursi yang enak dan nyaman diduduki. Kursi yang terlalu keras, terlalu pendek atau terlalu tinggi dapat mengganggu kenyamanan anda dalam bekerja. Pastikan anda memakai kursi yang membuat anda nyaman bekerja sambil duduk.

- Gunakan keyboard komputer dengan tuts yang baik dan layar komputer yang sejajar dengan mata. Komputer yang berfungsi dengan baik sangat mempengaruhi kelancaran dan produktivitas anda. Lagipula kenyamanan dan postur tubuh yang baik saat bekerja akan membuat pikiran anda lebih jernih dan mengalir. Coba bayangkan jika anda bekerja dengan komputer yang bermasalah, menjengkelkan dan memakan waktu bukan?

- Bangkitlah dari kursi dan tinggalkan meja kerja anda selama tiga sampai lima menit setiap satu setengah jam sekali. Gunakan waktu tiga atau lima menit itu untuk merenggangkan tubuh dan menyegarkan pikiran anda.
Setelah itu segera kembalilah ke meja anda dengan konsentrasi yang lebih penuh.

- Buatlah peraturan sendiri, jam berapa anda harus menyelesaikan pekerjaan dan jam berapa anda harus meninggalkan kantor. Taati peraturan yang anda buat sendiri itu. Begitu anda sadar bahwa waktu anda terbatas, anda akan lebih efisien bekerja karena dikejar-kejar 'deadline'. Karena semakin banyak waktu yang anda miliki maka akan semakin lama anda menyelesaikan pekerjaan.

- Tulislah daftar pekerjaan yang harus anda kerjakan setiap harinya. Kemudian coretlah satu persatu begitu anda selesai mengerjakannya.

- Buanglah kebiasaan mencoret-coret catatan penting di atas kertas sembarangan. Kalau bisa, tulis semuanya dalam buku catatan (note book), kalender atau ,daily planer. Untuk itu bawalah daily planer dalam tas anda setiap saat. Sehingga setiap ada ide yang melintas, anda dapat segera mencatatnya. Dengan demikian, waktu anda nggak akan terbuang percuma.

- Buatlah ruangan kerja anda seringkas mungkin. Pastikan anda mempunyai tempat tersendiri untuk menyimpan alat-alat kantor, mulai dari klip kertas, pulpen, spidol, dll. Sehingga begitu butuh, anda langsung tahu dimana anda mencarinya. Sekedar anda tahu, '75% pekerja menghabiskan waktu 15 menit setiap harinya hanya untuk mencari barang yang sulit dicari'.

Memang sih keliatannya hal tersebut cukup sepele. Tapi kalau anda mempraktekkannya, produktivitas anda akan lebih meningkat dibanding sebelum anda melakukannya. Nah, mulai sekarang tinggalkan cara kerja anda yang lama dan beralihlah dengan cara di atas.
Di jamin anda akan lebih produktif dan nyaman bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun