Sabtu, 21 Juli 2007

Menikmati Waktu Pribadi

Banyak orang yang kesulitan menikmati waktu untuk pribadi karena kesibukannya bekerja dan bekerja. Mereka rata-rata mengeluhkan, pekerjaan telah menyita sebagian besar waktunya hingga sedikit sekali waktu yang tersisa untuk pribadi. Meskipun tidak mudah, tetapi bukan berarti tak ada cara untuk mengatasinya. Ada kiat yang cukup ampuh agar pekerjaan kantor beres tanpa mengorbankan waktu untuk pribadi. Intip deh:

Produktif sebelum bekerja
Sebelum mulai bekerja, persiapkan hal-hal yang akan Anda kerjakan. Misalnya menyiapkan dokumen dan materi kerja. Nggak ada salahnya juga jika Anda mulai menyicil pekerjaan meskipun jam kerja belum tiba. Jika ada janji pertemuan dengan klien, rencanakan waktu appointment. Walaupun sedikit, tapi pekerjaan Anda akan lebih ringan bukan?

Kerjakan porsi Anda
Cukup kerjakan porsi kerja Anda saja. Anda berhak menolak jika Anda diminta menyelesaikan pekerjaan yang bukan tugas Anda. Jangan sampai pekerjaan orang lain membuat waktu Anda tersita habis.

Jangan lembur kalau nggak perlu
Tidak perlu lembur kalau memang tidak penting. Optimalkan waktu kerja setiap hari secara efektif dan efisien. Anda baru bisa lembur jika memang sangat penting. Sehingga setiap hari Anda bisa pulang tepat waktu dan selebihnya Anda bisa menikmati waktu untuk pribadi.

Evaluasi waktu santai Anda
Coba ingat-ingat dan catat kapan waktu santai Anda. Kemudian catat apa yang biasa Anda lakukan saat santai. Dari catatan ini, evaluasilah apa yang jarang atau tidak pernah Anda lakukan selagi santai. Untuk selanjutnya Anda bisa merencanakan apa saja yang perlu Anda lakukan di waktu luang Anda.

Manfaatkan perjalanan dinas
Saat Anda melakukan perjalanan dinas, manfaatkan moment ini untuk melepaskan kejenuhan kerja selama ini. Jika di kota tujuan dinas, Anda memiliki teman atau family, sempatkan untuk bertemu. Walaupun singkat, ini bisa menjadi ajang reuni yang menyenangkan.

Efektifkan waktu libur
Gunakan waktu Sabtu dan Minggu atau hari libur lainnya untuk berinteraksi dengan keluarga, family atau sahabat. Lakukan kegiatan yang menjadi hobi Anda selama ini. Saat libur, jauhkan pikiran Anda dari pekerjaan. Hindari hal-hal yang dapat mengingatkan Anda pada pekerjaan, seperti note book, komputer, atau dokumen kerja.

Manfaatkan waktu cuti
Jangan ragu mengambil jatah cuti Anda. Ambil cuti di saat yang tepat misalnya di hari raya atau di akhir taun. Dengan cuti, Anda bisa pergi ke tempat vaforit dan berkumpul bersama orang-orang yang dekat di hati Anda. Manfaatkan waktu cuti sebaik-baiknya. Banyak yang sudah membuktikan bahwa cuti mampu men-charge pikiran dan memperkaya batin Anda.

Bagaimana dengan Anda? Jika Anda termasuk orang yang sulit menikmati waktu pribadi karena sibuk bekerja, coba aja tips di atas. Anda harus menyadari sejak awal, bahwa menyisakan waktu untuk kepentingan pribadi sama pentingnya dengan bekerja. Yang jelas, Anda yang masih punya waktu luang untuk pribadi tampak lebih manusiawi daripada mereka yang melulu sibuk berkutat dengan pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun