Kamis, 26 Juli 2007

Melamun Bikin Semangat Bangun

Yulia Dian - detikHot

Jakarta, Siapa bilang melamun cuma kerjaan sia-sia? Kegiatan tanpa aktivitas ini ternyata punya manfaat yang luar biasa. Bisa bikin pasangan tambah mesra sampai membuat Anda naik gaji. Jangan melamun dulu. Baca artikel ini.

Para ahli memperkirakan, porsi melamun seseorang dalam sehari bisa mencapai sepertiga sampai setengah jam sadarnya alias ketika tidak sedang tidur. Satu lamunan tidak ada yang bertahan lama, paling tidak hanya beberapa menit.

Melamun sering dianggap sebagai kegiatan negatif karena memang hanya pikiran saja yang menerawang tanpa fisik bekerja. Namun rupanya secara mental pula banyak keuntungan yang bisa didapat dari kegiatan melamun. Selain membuat semangat terus kencang masih banyak hal positif lain dampak dari melamun. Apa ya?

Santai
Seperti meditasi, ngelamun membuatkan pikiran Anda beristirahat. Liburan singkat yang membuat tensi serta kecemasan Anda segar kembali. Melamun juga sangat berguna untuk mengendalikan kecemasan serta phobia.

Mengendalikan Konflik
Melamun juga terbukti bisa berguna untuk mengendalikan konflik dalam diri Anda. Seorang ahli psikoterapi Tina Tessina menyebut metode ini seperti memutar kaset. Anda hanya harus memutar kembali kejadian yang telah berlalu dalam pikiran Anda. Bayangkan dan ambil respon yang berbeda tiap kali Anda mengingat kejadian tersebut. Coba lakukan beberapa kali dan Anda akan mulai mendapatkan cara terbaik untuk mengatasi masalah Anda.

Memperbaiki Hubungan
Pasangan biasanya kerap memikirkan pasangnya dikala mereka jauh. Hal itu ternyata secara psikologis dalam mempererat hubungan. "Kita melamunkan seseorang yang kita cinta. Kita membayangkan berbagi hal berita baik dengannya, bersama dengan kesuksesan dan kegagalan Anda. Pasangan tak bahagia melamun tentang argumen dan dan konflik sementara individu bahagia selalu berpikir positif," ujar James Honeycutt, PhD penulis Imagined Interactions: Daydreaming about Communication dilansir dari Webmd, Rabu (25/7/2007).

Meningkatkan Produktifitas
Saat Anda penat dengan segala daftar pekerjaan harian Anda, ada baiknya luangkan sedikit waktu untuk melamun. Mengkhayalkan hal indah dan menyenangkan bisa membuat pikiran segar kembali dan tak terlalu pusing. Lakukan beberapa menit saja cukup untuk membuat pekerjaan Anda rampung dengan semangat kembali membara.

Menambah Nilai dan Percaya Diri
Jika Anda membayangkan suatu skenario tentang sesuatu yang Anda coba lakukan, tingkat kepercayaan diri Anda akan terus meningkat seiring mantapnya pikiran Anda. Dengan cara seperti itu Anda juga bisa lebih peka mengenal diri Anda sendiri dan bisa menetapkan standar yang lebih baik.

Membantu Capai Target
Setiap kegiatan pasti punya target yang ingin dicapai. Nah, melamun bisa membantu Anda. Keindahan dalam melamun adalah tak ada hal yang mustahil. Anda bisa membayangkan pencapaian keberhasilan saat Anda melakukan suatu tugas. Metode ini juga dipakai para atlet untuk membantu performance mereka. Latihan fisik penting namun mental juga harus dilatih untuk membantu mencapai target.

Melepas Bosan
Orang dengan pekerjaan yang monoton sering kali menggunakan melamun untuk menjaga pikiran mereka terus terstimulasi. Dengan melamun hari tak lagi begitu membosankannya.

Melamun sesekali saja memang menimbulkan banyak manfaat tapi hati-hati melamun juga punya sisi negatif. Sebagai contoh, terlalu terobsesi akan sesuatu bisa membuat seseorang mengisolasi diri dan menghabiskan waktu dengan pikirannya sendiri. Padahal mimpi pada dasarnya tak akan terwujud tanpa usaha. Bangun! Jangan melamun terus ya... (yla/fta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun