Jumat, 27 Juli 2007

JANGAN BUKA EMAIL DI PAGI HARI




Demikian judul sebuah buku yang saya lihat diiklankan di salah satu majalah. Saya nggak beli bukunya, tapi tahulah kira-kira apa maksud dari judul itu.

Mungkin si penulis ingin menasihati pembacanya agar tidak membuka email di pagi hari, sebab itu menghabiskan waktu. Lagi pula pagi hari itu biasanya adalah waktu produktif kita.
Saya sendiri kena sindir oleh judul buku itu. Saya punya kebiasaan online, buka email, ngeblog setiap pagi jam 8 sampai jam 10-an.

Dan memang, kalau sudah online dan buka email, perhatian kita jadi tersedot ke sana. Kalau keasyikan, bahkan saya bisa bablas sampai siang hari.

Dampaknya, saya jadi malas olah raga. Padahal saya sudah komitmen untuk disiplin melakukan peregangan tubuh dan bersepeda santai setiap pagi.
Aktifitas sehari-hari saya memang kurang aktif bergerak. Jalan kaki jadi jarang. Idealnya setiap hari minimal harus jalan kaki 30 menit atau 2.000 langkah.

Dua hari ini alhamdulillah sudah mulai bersepeda lagi. Mudah-mudahan nggak HHCS (Hot-Hot Chicken Shit). Setiap hari Ahad pagi saya akan mulai lagi bersepeda dari Daerah Johor - Asrama Haji Medan PP. Udah lebih dari 6 bulan kegiatan ini saya tinggalkan.

Memang dampaknya terasa enak di badan. Pikiran pun jadi tambah rileks.

Setiap hari kan kita selalu dihadapkan kepada banyak pilihan. Apa yang mau dikerjakan atau tidak ingin dikerjakan.
Menurut Stephen Covey dalam buku terlaris The 7 Habits of Highly Effective People, perbanyaklah aktifitas yang penting namun tidak urgent. Contohnya, seperti aktifitas perencanaan, membina hubungan, menjaga kesehatan, membaca buku, silaturahmi dengan keluarga.

Hindarilah sebanyak mungkin aktivitas yang penting dan urgent. Ciri-cirinya adalah selalu dibatasi oleh waktu. Jadi kita seperti dikejar-kejar deadline terus. Kalau terus-terusan seperti itu bisa stress akibatnya.

Apa lagi aktivitas yang tidak penting dan tidak urgent. Wah, itu sih bahaya. Ngegosip, ngobrol yang nggak jelas, buang-buang waktu adalah beberapa contohnya.

So, aturlah waktu sebaik - baiknya di pagi hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun