Jumat, 20 Juli 2007

Sulitnya Menentukan Cita-cita

Tapi tunggu dulu..! Kalau Anda serius ingin menggapai cita-cita, sebenarnya Anda tidak bisa 'seenaknya' menentukan cita-cita. Anda nggak bisa asal sebut, "Gue pengin jadi presiden..!" sementara Anda sendiri menyadari Anda tidak punya kemampuan jadi presiden sama sekali. Nah, sebelum Anda menetapkan cita-cita, coba simak kiat menentukan cita-cita berikut ini:

* Cita-cita harus ditetapkan berdasarkan keinginan dan minat pribadi. Bukan keinginan orangtua, teman, pacar, saudara atau guru Anda di sekolah. Karena Andalah yang paling tahu apa keinginan, minat, bakat, dan kemampuan Anda. Kalau Anda menetapkan cita-cita hanya menuruti keinginan orang lain, Anda akan menemukan ganjalan di kemudian hari. Ingat, cita-cita itu adalah milik Anda bukan milik orangtua, atau siapapun di luar diri Anda.

* Cita-cita harus bernada positif. Sebagai manusia normal tentu dong Anda menginginkan cita-cita yang baik. Nggak mungkin kan Anda bercita-cita jadi agen mafia, perampok, atau mucikari? Pilihlah cita-cita yang positif yang sesuai dengan minat Anda. Misalnya cita-cita jadi penyiar, penulis, pramugari, bankir, pilot, dan sebagainya.

* Cita-cita hendaknya yang masuk akal. Artinya cita-cita yang Anda tetapkan memungkinkan bagi Anda untuk meraihnya. Jangan asal bercita-cita pengin jadi pilot atau penerbang, padahal Anda sendiri sangat takut akan ketinggian dan tidak memenuhi syarat untuk menjadi pilot. Memang sih, kadang faktor lucky juga ikut berperan tetapi Anda nggak selamanya bisa menunggu keberuntungan dan keajaiban itu datang. So, jangan berharap cita-cita Anda yang tidak masuk akal akan kesampaian.

* Cita-cita harus spesifik, konkret, dan tidak abstrak. Semakin konkret cita-cita Anda, akan semakin baik. "Saya pengin jadi pengusaha", cita-cita ini masih abstrak. Tetapi jika Anda mengatakan "Saya pengin jadi pengusaha agribisnis" merupakan cita-cita yang lebih konkret.

* Cita-cita harus diraih dengan usaha dan kerja keras. Cita-cita apapun yang Anda inginkan, tanpa usaha dan kerja keras tidak akan pernah terwujud! Ingat, bila Anda sulit mewujudkan cita-cita, bukan berarti Anda gagal, tapi hanya kurang berusaha. Nah, apapun cita-cita Anda raihlah dengan usaha dan kerja keras. Jangan pernah berpikir Anda dapat mencapai cita-cita hanya dengan 'ongkang-angking' kaki.

Nah bagaimana dengan Anda sendiri? Apa cita-cita Anda...? Anda yang masih bingung menentukan cita-cita, segera tetapkan cita-cita Anda sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan Anda. Dan tips tadi mungkin dapat membantu Anda menetapkan cita-cita. Selamat menentukan cita-cita...!

[tri*]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun