Sabtu, 21 Juli 2007

Menjadi Bos Wanita Terbaik


Seiring dengan era emansipasi yang terus berkembang luas, apalagi di jaman teknologi modern ini, wanita dan pria telah menjadi mitra sejajar. Wanita bukan lagi hanya sebagai pengurus rumah tangga yang melulu mengurus suami dan anak-anak. Lebih dari itu wanita masa kini memiliki multi peran.

Selain ibu rumah tangga, banyak wanita yang ikut bekerja bahkan berhasil mencapai karir yang bagus. Akibatnya kini sudah tak terhitung lagi wanita yang sukses dalam karir. Bahkan pemimpin atau boss wanita di suatu perusahaan bukanlah hal yang asing lagi, termasuk di Indonesia.

Berikut, ulasan singkat tentang boss wanita dan beberapa kriteria penting yang harus dimilikinya.

Umumnya, boss wanita sering dipandang sebagai sosok yang menarik. Karena disamping seorang wanita, ia adalah seorang boss dengan segala kelebihannya. Dari penampilan fisik, cara berpakaian, berdandan dan cara berbicara, boss wanita memang terlihat lebih ‘indah’, terutama bagi karyawan lelaki. Tak heran jika karyawan pria biasanya lebih menyukai jika bossnya adalah kaum ‘hawa’, apalagi jika berwajah cantik. Tak ayal lagi gerak-gerik boss ini akan menjadi pusat perhatian anak buahnya.

Satu lagi hal yang menarik dari seorang boss wanita, meski ia seorang boss, wanita tetap memiliki naluri keibuan yang kental. Naluri ini menyebabkan boss wanita lebih mudah memberikan toleransi terhadap kesalahan anak buah. Kondisi inilah yang kadang dimanfaatkan oleh anak buahnya. Untuk itu boss wanita harus memiliki wibawa dan ketegasan. Karena hal ini merupakan salah satu modal dasar untuk dapat mempengaruhi anak buah dan orang lain.

Memang pada dasarnya, seorang boss baik wanita maupun pria memiliki kriteria yang tidak berbeda. Selain berwibawa dan tegas, keduanya harus memiliki visi yang kuat dan mampu ‘menyuntikkan’ visinya kepada seluruh anak buah dan semua partner kerja. Sehingga apapun visi sang boss, bisa diterima, diinternalisasi dan didukung oleh pihak yang diperlukan. Karena itu seorang boss harus pandai berkomunikasi, bukan sekedar pandai ‘bicara’. Dalam hal ini cara berkomunikasi seorang boss wanita umumnya lebih lembut, hati-hati dan halus. Pembawaan boss wanita yang sejuk, luwes dan ‘charming’ akan memudahkan dalam memotivasi anak buahnya.

Namun kepandaian seorang boss dalam berkomunikasi juga harus dibarengi dengan kepandaian mendengarkan gagasan, pendapat, dan ide anak buah. Ini merupakan hal yang tak kalah penting dalam pencapaian tujuan, di samping seorang boss harus memiliki kemampuan, integritas, pengalaman, dan komitmen yang kuat.

Seorang boss wanita juga harus pandai membangun, mempertahankan dan menciptakan hubungan kerjasama yang kondusif. Dalam hal ini pemberian kepercayaan (trust) kepada anak buah dan partner mutlak dibutuhkan untuk memotivasi agar mereka bekerja secara maksimal. Karena sebagai boss, apalagi wanita, anda harus selalu sadar bahwa tidak mungkin mencapai tujuan seorang diri. Pemberdayaan serta pemberian apresiasi terhadap anak buah merupakan hal positif yang dapat membantu anda dalam mencapai sasaran.

Jadi pada dasarnya, nggak ada bedanya kan kriteria antara boss pria dan wanita? Yang membedakan cuma fisik dan cara berpakaiannya. Nah dalam berpakaian, karena anda wanita, anda harus lebih hati-hati. Kenakan busana yang dapat meningkatkan citra diri anda sebagai seorang pemimpin. Misalnya jangan menggunakan busana yang minim dan ketat. Kalau anda melakukannya, sudah dipastikan anak buah anda yang terdiri dari kaum lelaki akan melotot melihat penampilan anda

1 komentar:

  1. kunjungan malam...,
    salam kenal..,
    postingan dalam banget ya...
    boleh tukeran link nggak..?
    moreartikel.blogspot.com
    mkasih

    BalasHapus

silahkan beri Komentar sehat dan membangun