Selasa, 10 Juli 2007

Lima Kesalahan Dalam Mencari Kerja



Mencari kerja di jaman sulit begini memang bukan hal yang gampang. Anda harus bersaing ketat dengan ribuan bahkan mungkin puluhan ribu pencari kerja. Tetapi, bukan berarti anda tidak perlu selektif dalam mencari pekerjaan. Meskipun jaman sulit dan peluang sedikit, jangan asal melamar setiap lowongan kerja yang diiklankan. Ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan dalam mencari kerja. Maksudnya agar anda terhindar dari kesalahan yang akan membuat anda menyesal. Nah di bawah ini adalah kesalahan dalam mencari kerja yang harus anda hindari:

* Mengirim lusinan bahkan ratusan surat lamaran tanpa mempertimbangkan kualifikasi dan persyaratannya.
Mengirim surat lamaran kerja sebanyak-banyaknya memang dianjurkan dalam tahap pencarian kerja. Apalagi jika anda masih ‘fresh graduate’ atau baru saja menyelesaikan pendidikan. Tapi adalah kesalahan fatal jika mengirim setumpuk surat lamaran tanpa mempertimbangkan persyaratan dan kualifikasi yang ditentukan. Karena lamaran yang tidak sesuai dengan kualifikasi hanya akan menjadi timbunan yang tak terpakai di meja pihak pencari tenaga kerja. Tentu ini adalah hal yang sia-sia bukan?

* Hanya mengandalkan iklan lowongan kerja di surat kabar.
Di jaman teknologi informasi begini merupakan kesalahan besar jika mencari kerja hanya dari surat kabar atau koran-koran. Karena saat ini sudah banyak media alternatif untuk mencari kerja. Cobalah mencari peluang di internet, disana banyak situs yang menginformasikan lowongan dan peluang kerja baru dengan berbagai bidang. Atau carilah informasi dari rekan-rekan anda yang sudah bekerja.

* Tidak mencari informasi tentang perusahaan yang akan mewawancarai.
Sebelum anda datang memenuhi panggilan wawancara, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang memanggil anda. Sehingga setidaknya anda memiliki gambaran tentang perusahaan tersebut jika anda ditanya dalam wawancara. Lebih baik lagi jika anda berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam wawancara.

* Menerima pekerjaan tanpa negosiasi gaji.
Jangan pernah sekalipun menerima pekerjaan tanpa melakukan negosiasi kecuali jika gaji yang ditawarkan pihak perusahaan sesuai dengan keinginan dan standar anda. Jika gaji yang ditawarkan tidak sesuai jangan ragu untuk melakukan ‘bargaining’. Jangan pernah berpikir “ah daripada susah cari kerja, terima aja deh gaji segitu”.

* Menerima pekerjaan yang tempatnya sangat jauh.
Faktor lokasi juga perlu anda pertimbangkan. Jika tempat kerjanya hanya akan menghabiskan waktu anda di jalan berjam-jam dan membuat anda kelelahan sebelum bekerja, coba pertimbangkan sekali lagi, apakah anda siap dengan kondisi tersebut. Jika tidak siap jangan memaksakan diri untuk menerima. Daripada anda bekerja hanya dalam hitungan hari lebih baik anda cari peluang kerja yang lokasinya cukup strategis dari tempat tinggal anda.

Dengan memperhatikan dan mempertimbangkan hal tersebut paling tidak anda akan terhindar dari hal-hal yang merugikan anda dalam mencari kerja. Selamat mencari kerja...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun