Selasa, 17 Juli 2007

Menjawab Panggilan Telepon Untuk Kesuksesan Bisnis

ketrampilan menjawab telepon merupakan hal penting dalam kesuksesan bisnis. Hingga kini telepon, masih jadi alat utama dalam kebanyakan bisnis untuk membuat hubungan dengan para langganan. Dan cara Anda menjawab telepon di perusahaan Anda akan jadi bentuk kesan pertama dari pelanggan. Berikut kami sampaikan tips menjawab telepon untuk mencapai sukses dalam bisnis.

1. Jawab semua panggilan telepon sebelum dering ke tiga.


2. Saat Anda menerima telepon, usahakan selalu dengan suara yang hangat dan penuh antusias. Suara Anda yang ditangkap akan jadi salah satu kesan bagi pelanggan.


3. Saat menjawab telepon, sambut penelepon dengan sopan dan jangan lupa sebutkan nama Anda serta perusahaan Anda. Misalnya, 'Kapanlagi.Com, Selamat Pagi, dengan Susan, Ada yang bisa saya bantu?'


4. Ucapkan setiap kata dengan jelas, pertahankan suara Anda tetap lembut, dan bicara perlahan serta sejelas mungkin saat Anda sedang menjawab telepon, sehingga penelepon dapat menangkap ucapan Anda dengan mudah dan memahaminya.


5. Aturlah bahasa yang Anda gunakan dengan baik saat sedang menjawab telepon. Jangan sekali-kali menggunakan bahasa gaul. Misalnya, selalu katakan, 'Tentu, Baiklah' atau 'Dengan Senang Hati.' Bukannya, 'Yoi, OK Deh' atau 'Gitu Lo'


6. Latihlah agar suara dan kosa kata Anda selalu positif saat sedang menjawab telepon, bahkan meski Anda sedang bad mood. Misalnya, dari pada menjawab, 'Saya Tidak Tahu' lebih baik katakan, 'Biar Saya Cari Tahu Soal Ini Untuk Anda, Nanti Kami Akan Hubungi Kembali.'


7. Tuliskan pesan dari penelepon dengan lengkap dan benar. Jika ada sesuatu yang Anda kurang pahami atau ejaannya kurang Anda mengerti, seperti misalnya nama, mintalah dengan sopan pada penelepon untuk mengulang kembali. Pastikan pesan tersebut sampai pada yang dituju.


8. Pastikan Anda menjawab semua panggilan telepon dalam satu hari itu.


9. Selalu tanyakan pada penelepon, apakah tak keberatan untuk menunggu sebentar saat Anda menyambungkan dengan orang yang dituju, dan jangan melupakan orang yang menunggu di saluran telepon tersebut. Jika orang yang dituju sedang sibuk, Anda bisa menanyakan, 'Anda ingin menunggu atau nanti saya akan menghubungi Anda kembali?'


10. Latihlah semua orang yang bertugas menjawab telepon dengan cara yang sama dan profesional.


Pastikan panggilan telepon bisnis Anda dijawab dalam setiap deringan dan dijawab dengan cara yang profesional. Jika petugas ini tak berhasil melalui tes ini, berikan tips berikut sebagai panduan. (sbinfo/erl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun