Selasa, 10 Juli 2007



Hindari Komunikasi Yang Berbahaya!


Dalam bekerja, komunikasi mutlak diperlukan. Bagaimana mungkin Anda tidak berkomunikasi sementara setiap hari Anda berhubungan dengan rekan-rekan kerja Anda? Tapi tentu saja Anda harus menciptakan komunikasi yang efektif. Untuk itu Anda harus berhati-hati. Jangan sampai Anda terperangkap pada komunikasi yang salah dan membahayakan keberadaan Anda.

Lalu seperti apa sih yang dimaksud dengan komunikasi berbahaya itu? Berikut ini adalah jenis komunikasi berbahaya yang harus Anda hindari:

Komunikasi untuk memanipulasi
Selama ini tanpa sadar Anda sering berkomunikasi hanya untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan, tanpa mempedulikan keinginan orang lain. Bahkan untuk itu Anda sampai melakukan argumentasi, agitasi, mengancam, membujuk, atau melakukan apa saja demi terpenuhinya keinginan Anda.

Jenis komunikasi ini seberapapun efektifnya berdampak buruk pada hubungan Anda dan lingkungan. Segera hentikan. Dengarkan dan hormatilah apa yang dikatakan dan diinginkan orang lain dari Anda. Jika mereka tidak bisa memberikan apa yang Anda inginkan kenapa tidak Anda sendiri yang melakukannya?

Komunikasi untuk memperdaya
Ini adalah jenis komunikasi yang paling mengerikan dan berbahaya. Karena komunikasi diciptakan untuk memperdaya, menjatuhkan bahkan menghancurkan orang lain. Tujuan komunikasi ini sama saja dengan di atas yaitu untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Bahkan demi mendapatkan apa yang diinginkan, Anda berani berdusta, berbuat curang, dan menyampaikan informasi palsu.

Jenis komunikasi ini akan menghancurkan diri Anda sendiri. Jika orang lain sadar maksud terselubung Anda, merekalah yang akan menyerang Anda. Maka jangan sekalipun menggunakan komunikasi ini. Jika komunikasi ini cukup familiar bagi Anda, mulailah untuk menghentikannya. Bagaimanapun, lebih baik Anda jujur dan berterus terang. Karena sikap jujur dan fair akan memperkokoh integritas Anda dalam hubungan di lingkungan manapun, terlebih di lingkungan kerja.

Komunikasi dengan pesan ganda
Pesan ganda adalah bentuk tipu daya yang seringkali dilakukan oleh para pecundang. Anda yang memakai komunikasi ini, di sisi lain Anda menampilkan kesan dan maksud yang baik padahal di sisi lain Anda bermaksud buruk. Anda yang piawai, bisa melakukannya dengan baik. Nyaris tidak terdeteksi maksud buruk yang terselubung di baliknya. Semuanya bisa Anda selesaikan dengan mudah.

Namun sama saja dengan komunikasi yang disebutkan sebelumnya. Komunikasi ini adalah jenis komunikasi yang berbahaya. Kalau Anda biasa melakukannya, Anda akan tumbuh menjadi pribadi yang munafik. Lama-lama Anda pun tidak bisa membedakan mana sebetulnya hal yang positif dan mana yang negatif.

Nah ketiga komunikasi yang berbahaya tersebut sama sekali bukan komunikasi yang efektif untuk membangun dan membentuk hubungan baik di lingkungan kerja. Apapun alasannya, Anda lebih baik menggunakan cara-cara yang fair dan 'lurus' untuk meng-goal-kan keinginan Anda. Lagipula untuk meraih sukses bukan berarti Anda harus menghalalkan segala cara bukan? Maka lakukanlah hal-hal positif untuk mencapai keinginan Anda, termasuk dalam hal berkomunikasi..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun