Kamis, 12 Juli 2007

Nikah di Luar Negeri? Siapa Takut!

Yulia Dian - detikHot
Menikah di luar negeri sudah jadi tren dewasa ini. Tapi mungkin juga ada diantara Anda yang tarik ulur untuk mengucapkan ikrar sehidup semati di negeri orang karena tak tahu apa-apa. Ini dia sedikit tips untuk Anda.

1. Sebelum persiapan apapun, hal yang terpenting adalah Anda harus menentukan negara mana yang ingin dipilih. Rundingkan dengan keluarga dan calon pasangan suami atau istri Anda untuk menentukan tempat yang tepat. Segala pertimbangan harus dipikirkan sebaik-baiknya.

2. Hubungi duta besar Indonesia di negara yang Anda pilih dan cari tahu detil bagaimana penyelenggaraan pernikahan di sana. Jangan sampai ada yang terlewat. Penuhi segala persyaratan agar nantinya semua dapat berjalan mudah.

3. Jangan lupa untuk membawa pasport dan akta kelahiran ketika Anda bepergian.

4. Persiapkan dokumen penting Anda dalam bahasa negara yang akan Anda kunjungi tersebut. Ini juga akan memudahkan mereka mengerti apa isi dokumen yang Anda bawa.

5. Rencanakan acara pernikahan Anda dengan baik. Kemungkinan Anda hanya akan berada di sana hingga satu minggu saja. Usahakan semua berjalan lancar.

6. Pahami apa saja yang Anda perlukan untuk melegalkan pernikahan di kedutaan Indonesi di negara tersebut. Sepulang dari negara itu usahakan semuanya data telah lengkap jadi Anda tak perlu repot lagi dikemudian hari. Jika Anda sudah pernah menikah sebelumnya, sebaiknya bawa surat keterangan cerai atau sertifikat kematian untuk membuktikan bahwa pernikahan Anda sebelumnya telah berakhir.

7. Cari tahu lokasi tempat pernikahan Anda untuk merancang detil acara. Seperti persiapan bunga, fotografer dan sebagainya yang Anda perlukan agar lebih mudah. Yang lebih mudahnya, tanyakan saja pada tempat Anda menginap di mana tempat terbaik untuk menyelenggarakan pernikahan. Biasanya sebuah hotel juga punya paket spesial untuk acara pernikahan.

Yang tak boleh Anda lupakan juga adalah budget. Konsultasikan dulu dengan duta besar atau konsultan negara Anda di sana tentang anggaran yang biasanya harus dikeluarkan untuk sebuah pernikahan. Ini akan jadi bervariasi tergantung mewahnya pesta.

Pertimbangkan juga membuat acara dengan grup tur atau agen perjalanan dan biarkan mereka yang mempersiapkan segalanya. Ini akan membantu menyimpan waktu dan menyingkirkan masalah kecil dalam pernikahan. Demikian dilansir dari Ehow, Senin (8/1/2006).

Sebaiknya cari cincin pernikahan di Indonesia saja. Jadi Anda tak perlu repot lagi untuk belanja dan mencari-cari cincin yang paling tepat dengan tergesa-gesa. Satu keuntungan yang bisa Anda ambil dari pernikahan di luar negeri adalah, sekalian menikah Anda bisa langsung bulan madu. Selamat mengarungi hidup baru :) (yla/yla)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun