Rabu, 11 Juli 2007

Sehat Luar-Dalam, Gampang Kok!



Dian Lestariningsih - detikHot

Kesehatan nggak hanya sebatas fisik, mental anda juga harus tetap sehat agar tetap semangat beraktivitas. Karena itu perhatikan diri luar dan dalam. Caranya, simak tips berikut.

Makan teratur dan jaga kebugaran anda

Secara rutin, makanan sehat dan olahraga ringan dapat menyebabkan perubahan yang cukup banyak pada mood anda. Anda akan merasa lebih berenergi dan bisa menjaga diri sendiri. Ada keuntungan tambahan dari terlihat bugar dan bahagia yaitu meningkatnya rasa percaya diri.

Lakukan sesuatu yang anda sukai

Buatlah daftar hal-hal yang anda nikmati dalam hidup. Tidak masalah bila itu tampak tidak beraturan pada awalnya. Mulailah untuk melakukannya satu persatu dari hal terkecil setiap hari. Dan raihlah hal-hal besar nantinya. Hobi atau ketertarikan yang bisa menyerap seluruh minat itu bagus, walaupun mungkin saja hanya dilakukan satu jam seminggu. Tapi jangan terlalu berlebihan sampai-sampai anda tak punya waktu untuk hal yang lain.

Cari teman yang banyak

Seseorang yang pemalu juga bisa memiliki kehidupan sosial yang aktif, cobalah bergaul. Temui orang baru dan ingat, teman yang baik belum tentu harus satu pikiran dengan anda. Hindari orang yang merugikan anda setiap waktu dan tidak pernah berterima kasih atas support yang sudah anda berikan. Cari komunitas baru yang bisa membuat anda tertawa dan terinspirasi.

Pelajari bagaimana mengendalikan stres

Jangan takut akan tantangan. Tantangan itulah yang akan membantu anda mengembangkan kepercayaan diri. Mengatasi stress bukan berarti harus pasif dan terus berdiam diri. Untuk membantu, baca buku-buku self-help atau browsing ke internet tentang cara-cara menyenangkan untuk mengatasi stress.

Jadikan diri anda berarti

Semua orang pasti punya nilai lebih. Tak ada yang bisa membuat diri anda merasa tidak berharga kecuali anda sendiri. Anda pasti punya kelebihan yang anda tidak sadari. Coba pikirkan apa kelebihan anda dan buat daftar tertulisnya. Tanpa disadari daftar anda pasti cukup panjang. Ingat terus isi daftar tersebut.

Hindari lingkaran kesedihan

Jujurlah akan perasaan anda. Tapi jangan sampai terjebak dalam kesedihan dan menceritakannya pada orang lain secara berlebihan. Hal itu akan membuat anda terlihat menyedihkan. Hindari terduduk diam tanpa melakukan apapun seharian,
apalagi bila anda sedang merasa tidak bergairah. Coba untuk tetap sibuk atau lakukan sesuatu yang membuat anda rileks.(fta/)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun