Kamis, 12 Juli 2007

Suami Cemburu, Tanda Masa Subur Wanita


Puteri Fatia - detikHot

Suami cemburu berlebihan? Jangan salah sangka dulu. Bukan berarti kepercayaan pasangan Anda berkurang, tapi mungkin Anda sedang dalam puncaknya masa subur. Lho kok?

Studi yang baru-baru ini digarap oleh University of Liverpool tersebut merupakan lanjutan dari hasil penelitian serupa tentang wanita. Menurut penelitian sebelumnya, pada puncak masa subur, wanita cenderung menyukai atau memiliki affair dengan pria yang dianggapnya gagah dan maskulin. Demikian Maxhealth, Senin (19/6/2006),

Penilaian wanita terhadap tingkat kegantengan pria juga meningkat. Pria gagah yang sehari-harinya mendapat nilai 6, pada puncak masa subur wanita pria yang sama bisa mendapat nilai sampai 8.

Nah, dalam penelitian ini sekelompok lelaki ditunjukkan gambar-gambar pria jantan dengan rahang yang tegas dan bibir tipis. Mereka diberi beberapa gambar lain yang menggambarkan pria dengan imej gagah.

Selain melihat gambar tersebut, para pria juga diminta untuk memberikan informasi soal kontrasepsi apa yang digunakan dan kapan haid terakhir pasangannya.

Hasilnya pria yang pasangannya tengah mendekati masa subur, lebih agresif dalam mengindentifikasi kemaskulinan seseorang. Pria lebih merasa terancam akan keberadaan laki-lak lain dengan imej macho tersebut pada kondisi tadi. Sebagai tambahan, jika pasangannya tidak menggunakan kontrasepsi oral (pil), pria lebih agresif atau lebih merasa terancam dengan keberadaan pria macho. Sebabnya, kontrasepsi lain selain kontrasepsi oral dianggap lebih tidak aman.

"Bentuk dan struktur wajah adalah indikator utama. Laki-laki dengan mata besar, dagu bulat, dan bibir penuh dianggap lebih feminin dan keberadaannya tidak mengancam," ujar salah seorang peneliti, Rob Burris.

Jika dihubung-hubungkan, perilaku yang sama juga terjadi pada kawanan simpanse. Kawanan simpanse dapat hidup bahagia bersama-sama, tapi jika seekor betina siap dibuahi oleh para pejantan, mereka bisa saling bertengkar untuk mendapatkan perhatian sang betina. (fta/)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun