Kamis, 12 Juli 2007

Tetap Bersemangat Usai Liburan


Masa liburan memang saat yang paling menyenangkan bagi pekerja manapun. Karena saat itu Anda terbebas dari urusan pekerjaan dan segala macam tetek bengek masalah kantor. Kalau boleh memilih ingin rasanya menikmati libur yang sangat panjang. Tapi nggak mungkin kan?

Usai liburan Anda harus segera kembali ke kantor dan berkutat dengan pekerjaan. Diharapkan liburan yang telah Anda lewati dapat menambah energi dan semangat baru untuk beraktivitas. Tetapi pada kenyataannya memang tidak semudah itu. Suasana dan hawa liburan yang masih terasa, tak jarang membuat karyawan masih 'ogah' ke kantor. Rasanya liburan selalu aja kurang. Nggak heran jika banyak yang menganggap hari pertama kerja setelah liburan sebagai hari yang 'menyebalkan'.

Tapi tentu saja Anda tidak boleh pasrah menuruti rasa malas Anda. Sejumlah nasehat dan saran dari pakar berikut ini mungkin dapat Anda manfaatkan untuk mengembalikan gairah kerja Anda usai liburan. Buruan gebet deh:

- Nikmati hari terakhir liburan secara maksimal. Jika memungkinkan, lakukan relaksasi dalam rangka mengendurkan urat-urat syaraf Anda setelah melakukan kegiatan liburan yang cukup melelahkan. Rencanakan program memanjakan diri, seperti 'cream bath' di salon atau luluran di spa. Nonton film di bioskop dan menikmati makanan vaforit di restoran juga bisa menjadi pilihan Anda. Pokoknya puaskan liburan Anda. Sehingga Anda nggak merasa rugi ketika liburan berakhir.

- Pada malam hari sebelum berangkat ke kantor, siapkan keperluan
pergi ke kantor esok hari. Misalnya baju kerja, sepatu, tas, alat tulis, berkas-berkas pekerjaan, dsb. Usahakan persiapkan semuanya dengan lengkap, sehingga esok hari anda tidak terlalu stres mencari-cari perlengkapan pergi ke kantor.

- Catat aktivitas penting esok hari dan tuliskan di atas selembar kertas dengan warna-warna mencolok. Kemudian tempelkan di tempat yang akan Anda lihat ketika pertama kali Anda bangun tidur, misalnya di dinding depan tempat tidur atau di pintu lemari. Hal ini akan membuat mata Anda terbuka lebih lebar karena melihat tulisan dengan warna-warna yang mencolok. Ini juga sekaligus mengingatkan Anda pada aktivitas penting yang harus Anda lakukan pada hari pertama kerja.

- Jangan tidur terlalu larut. Usahakan paling telat jam sepuluh malam Anda sudah naik ke tempat tidur. Karena kalau terlalu malam, Anda akan sulit bangun pagi. Sebelum memejamkan mata bayangkan hal-hal yang menyenangkan di esok hari. Misalnya bertemu rekan-rekan yang menyenangkan, saling menceritakan pengalaman liburan, atau menikmati oleh-oleh liburan dari teman kerja Anda. Dengan demikian Anda akan memiliki semangat yang ‘lebih’ untuk berangkat ke kantor.

- Pikirkanlah bahwa hari pertama kerja setelah libur bukanlah 'awal' tetapi merupakan bagian dari rangkaian panjang hari kerja Anda. Latihlah mental Anda agar semangat Anda tidak mengendor.

- Buatlah rencana menyenangkan di hari pertama. Misalnya makan siang bersama rekan-rekan, mengecek dan mengirim email pada sahabat, atau sekedar chatting dengan kenalan baru. Mengisi hari pertama dengan hal-hal yang menyenangkan membuat hari pertama kerja Anda lebih fun.

- Di hari pertama saat kembali kerja, bangunlah dari tidur sepagi mungkin. Kenakan busana yang nyaman dan berdandanlah se-oke mungkin. Dengarkan musik yang riang dan ceria di pagi hari. Yakin deh, hal ini bisa menjadi terapi yang cukup mujarab dalam mengatasi alergi hari pertama setelah liburan.

Nah jika Anda termasuk orang yang sulit berangkat ke kantor setelah liburan, coba aja tips di atas. Sehingga liburan yang berkesan tidak lagi menjadikan Anda malas ke kantor melainkan menjadi penambah semangat untuk beraktivitas. Good luck..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun