Rabu, 11 Juli 2007

Tips Aman Wanita Jomblo

Yulia Dian - detikHot

Menjomblo di tengah segudang kegiatan memang sering bikin bosan. Jika Anda seorang wanita jomblo, tinggal sendiri dan sering bepergian untuk bisnis ada beberapa hal yang harus diperhatian demi keamanan. Ini dia!

Kejahatan di luar sana sama sekali tak bisa diduga. Apalagi di tengah ibukota, semua mungkin saja terjadi. Nah, diantara banyak kejahatan di jalanan, wanita kerap jadi korban. Oleh karena itu Anda harus ekstra berhati-hati.

Dilansir detikhot dari Ivillage, ini dia sedikit tips yang bisa Anda manfaatkan demi keamanan Anda:

Dengarkan Suara Hati
Intuisi biasanya dapat melemahkan tulang belakang Anda, mengencangkan perut dan membuat bulu kuduk berdiri. Apapun sinyal tubuh yang terjadi Anda harus berhati-hati. Cara alami itu memberi tahu Anda ada sesuatu yang terjadi. Jika Anda bisa cepat siaga dengan sekitar, 9 dari 10 hal yang bisa terjadi dapat Anda hindari sebelum terjadi. Intinya jangan abaikan perasaan itu, cari tahu apa yang terjadi.

Hati-hati dengan Pesta
Setiap tahunnya, ratusan kejadian buruk pada wanita berlaku ketika sang korban diserang dalam keadaan mabuk. Ini yang harus Anda perhatikan. Kehidupan malam boleh saja jadi konsumsi Anda, namun usahakan untuk sebisa mungkin mengkontrol keadaan. Jika Anda pergi pesta sendiri dan masih harus menyetir, atur kadar minuman Anda. Jangan berlebihan. Hindari juga keseringan menerima minuman pemberian orang lain di tengah pesta, Anda harus ekstra waspada. Ajaklah seseorang menemani Anda. Teman yang dapat Anda percaya dan siap menjaga Anda.

Hati-hati Saat Bepergian
Untuk pemula, jika Anda hendak bepergian ada baiknya Anda menyiapkan hal-hal penting dalam tas kecil Anda. Seperti senter untuk keperluan mendadak dan membaca peta, peralatan P3K seperti plester dan aspirin, kartu prabayar, daftar kontak darurat juga fotokopi paspor dan SIM Anda. Anda juga sebaiknya meninggalkan kopi agenda rencana perjalanan di rumah agar diketahui keluarga. Ketika naik taksi pastikan Anda menggunakan taksi dengan perusahaan armada yang jelas. Jangan sekali-kali berbagi taksi dengan orang yang tak dikenal dan turun di tempat gelap dan rawan.

Pastikan kamar hotel Anda juga terletak di dekat lift atau tangga. Ada baiknya Anda juga lihat sekitar sebelum Anda masuk kamar hotel. Jika Anda melihat sesuatu yang tak disuka, kembali ke meja tamu dan minta pertukaran kamar. Jika pelayan mau mengakses kamar Anda pastikan semua dalam keadaan baik. Jangan pernah takut untuk meminta pertolongan.

Jaga Privasi Anda
Jaga privasi Anda dengan sangat hati-hati. Perhatikan setiap pasword kartu kredit, ATM, email atau ponsel Anda jangan sampai diketahui orang lain. Pastikan alamat dan nomor telepon rumah Anda juga aman. Jangan biarkan orang dengan mudahnya mengetahui dimana Anda tinggal dan mengakses kehidupan Anda dengan leluasa.

Ini bukan paranoid tapi semua tentang hidup pintar. Dan Anda harus mulai siaga untuk berjaga-jaga. Jika bukan Anda yang melakukannya, siapa lagi!(yla/yla)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun