Rabu, 11 Juli 2007

Terus Aktivitas Tanpa Banjir

Yulia Dian - detikHot

Banjir melanda ibu kota Indonesia. Pastinya hal ini juga melumpuhkan banyak kegiatan kita. Banjir melanda, kegiatan jalan terus dong. Ini dia sedikit tips menemani Anda hadapi banjir.

Di beberapa tempat di Jakarta, genangan air sudah tak tertahan lagi. Bahkan ada yang mencapai 2 meter lebih. Kegiatan transportasi pun jadi terhambat akibat banjir. Sebaiknya Anda berjaga-jaga dan selalu siaga menghadapi banjir.

1. Jangan lupa bawa tas plastik setiap kali Anda pergi. Bisa juga menyiapkan baju ganti atau masukkan sepatu dalam tas. Setelah sampai kampus atau kantor Anda bisa menggantinya dengan pakaian bersih. Walau banjir, penampilan juga harus tetap dijaga dong.

2. Jika Anda berkendara dengan mobil, jika melewati jalan yang terendam air, sebaiknya Anda mematikan mesin. Lanjutkan perjalanan dengan mendorong mobil dengan bantuan warga. Mesin mobil sebaiknya tidak dibiarkan menyala ketika terendam banjir. Jika Anda menggunakan motor, gerobak bisa jadi alternatif untuk menyebrang jalan.

3. Siapkan selalu nomor posko banjir di ponsel Anda. Jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya, Anda tak perlu repot-repot.

4. Banjir yang tak kunjung surut malah semakin tinggi akibat curah hujan yang besar. Bawalah selalu payung Anda, kemanapun Anda pergi. Siang yang terik bukan alasan hujan tak mungkin turun. Sedia payung sebelum hujan.

5. Selalu pantau perkembangan berita dari koran, radio, televisi ataupun ponsel Anda. Cari tahu terlebih dahulu apakah rute jalan yang akan Anda lalui aman dari banjir dan macet total.

Jangan menyerah hanya karena banjir. Tetap semangat! (yla/yla)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun