Kamis, 12 Juli 2007

Tips Atasi Stres

Yulia Dian - detikHot

Stres bisa berakibat fatal bagi kesehatan Anda. Risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi menjadi masalah yang paling sering timbul akibat stres yang berkepanjangan. Namun stres juga ada gunanya. Dengan tekanan, Anda akan berpikir dan berusaha dengan lebih keras untuk mencapai sesuatu.

Tak ada salahnya Anda mengalami stres sesekali. Namun jika stres datang setiap saat dan Anda sudah mulai gusar karenanya, ini harus Anda pecahkan. Coba tips berikut ini:

1. Berbagilah dengan orang yang paling dapat Anda percaya. Curhat mungkin menjadi obat yang paling ampuh untuk mengatasi stres. Dengan menceritakan permasalahan yang tengah Anda rasakan beban Anda akan terasa lebih ringan. Syukur-syukur teman yang Anda curhati punya saran dan solusi untuk memecahkan masalah Anda.

2. Belajarlah untuk menerima keadaan dan keadaan diri Anda. Jangan memaksakan kehendak kepada seseorang yang mungkin tak dapat dilakukannya. Jika Anda merasa sudah berusaha dengan cukup keras untuk mencapai sesuatu namun hasilnya tetap saja kurang memuaskan, sadarkan memang sebesar itu kemampuan Anda. Mungkin kali ini Anda gagal, tapi Anda bisa belajar dari kegagalan itu dan mencobanya lagi.

3. Tugas dan pekerjaan membuat Anda stres. Tinggalkanlah sejenak pikiran itu dan bersantai luangkan sedikit waktu untuk Anda beristirahat dan mengerjakan hobi. Setelah pikiran segar, pastinya tugas dan pekerjaan bisa dihadapi dengan kepala dingin dan ide cemerlang.

4. Atur waktu Anda dengan sebaik-baiknya. Jika Anda merasa tak lagi punya banyak waktu sebaiknya pikirkan 2 kali untuk ikut dalam kegiatan yang benar-benar tidak Anda butuhkan saat ini. Hindari sikap-sikap negatif dan cobalah untuk selalu berpikir positif agar pikiran Anda tak selalu terbebani oleh hal-hal yang tak benar.

5. Selain menjaga pikiran, stres tidak akan muncul dalam raga yang sehat. Oleh karena itu jagalah kesehatan Anda dengan makan dan olahraga yang teratur. Hindari mengkonsumsi rokok dan tidurlah dengan teratur.(yla/)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun