Rabu, 11 Juli 2007

Tips Bekerja Tanpa Bos




Sebagai pekerja yang profesional dan bertanggung jawab, Anda memang harus melaksanakan semua tugas dengan baik, dengan atau tanpa bos. Dalam melaksanakan tugas, Anda memang tidak bisa seterusnya bergantung pada instruksi dan pengawasan bos. Karena bos pun tidak bisa mengawasi anak buahnya terus menerus bukan?

Makanya, kemandirian dalam bekerja sangat diperlukan. Anda tidak bisa mengandalkan semua urusan pada bos. Soalnya kalau Anda selalu bergantung pada bos, Anda bisa kelimpungan kalau bos nggak masuk. Nah agar Anda bisa bekerja secara mandiri tanpa perlu bergantung pada bos, saran dari Jack Canfield dan Jacqueline Miller dalam bukunya heart at Work mungkin berguna bagi Anda:

Pahami hak dan kewajiban Anda
Dalam bekerja kunci pertama adalah 'ketahui kewajiban dan hak Anda'. Dahulukan kewajiban Anda dan tuntaskan dengan sempurna. Maka Anda pun akan mendapatkan hak Anda.

Kerjakan dengan sempurna
Selesai saja tidak cukup. Sempurna baru oke. Maka selesaikan semua tugas dengan sempurna. Bila bos meminta 6 maka berikan 7 atau 8. Dengan demikian, selain Anda akan mendapatkan point lebih, kualitas diri Anda pun akan terus meningkat.

Yakin dan pede
Apapun yang Anda kerjakan, Anda harus memulainya dengan keyakinan dan percaya diri. Tanpa hal ini, Anda akan kesulitan menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Siap menghadapi kesulitan
Tidak selamanya Anda bisa mengerjakan tugas dengan lancar. Ada kalanya Anda akan menghadapi kesulitan dan benturan-benturan. So, bersiaplah untuk menghadapinya.

Tingkatkan kemampuan
Jangan pernah berhenti mengasah kemampuan Anda. Dengan kemampuan yang prima, Anda selalu siap menghadapi berbagai kemungkinan dan kesulitan. Sehingga Anda nggak akan panik lagi jika menghadapi masalah.

Dengan hal di atas Anda selalu siap bekerja, dengan atau tanpa bos. Selebihnya tentu saja harus dibarengi dengan komitmen, tanggung jawab, dan loyalitas. Selamat bekerja...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun