Rabu, 11 Juli 2007

Tips Cermat Beli Rumah Baru

Yulia Dian - detikHot


Anda berencana membeli rumah baru? Mungkin kondisi rumah Anda yang sekarang sudah tak nyaman untuk ditinggali atau bisa saja Anda berencana untuk mulai berkeluarga. Membeli rumah tak semudah memilih pakaian. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dan cermati.

Beberapa tips di bawah ini akan sedikit membantu Anda membuat keputusan rumah seperti apa yang paling cocok untuk kondisi Anda sekarang ini.

1. Pastikan berapa budget yang Anda punya untuk membeli rumah baru. Jika Anda mencari pinjaman, sebaiknya pastikan berapa jumlah uang Anda. Akan sangat menyebalkan jika Anda jatuh cinta pada rumah yang ternyata tak bisa Anda miliki. Tentukan harga yang Anda cari dan konsisten dengan penawaran Anda.

2. Tuliskan segala hal yang Anda cari dalam rumah baru. Seperti jumlah kamar dan kamar mandi, garasi, ruang makan formal, ruang keluarga mungkin ukuran halaman. Hal ini adalah item-item yang tak boleh Anda lewatkan dalam mencari sebuah rumah ideal.

3. Buat daftar lain dalam pilihan Anda seperti usia rumah dan fasilitas lainnya seperti kolam renang atau perapian (bagi Anda yang suka nuansa klasik). Benda-benda ini akan sangat menyenangkan bila Anda memilikinya namun bukan hal yang terlalu penting dan wajib.

4. Pikirkan juga tentang lingkungan sekitar. Lingkungan seperti apa yang Anda inginkan. Apakah sangat mungkin untuk membeli rumah di daerah yang kira-kira tak akan berkembang. Mungkin juga di daerah pedalaman. Jika hanya untuk melewatkan waktu liburan saja, rumah di pedalaman sangat menyenangkan. Sesuaikan juga dengan kebutuhan Anda. Pilih lingkungan yang sekiranya benar-benar nyaman bagi Anda.

5. Pertimbangkan tingkat kejahatan di daerah yang akan Anda tinggali. Pergilah ke kantor polisi terdekat dan minta keterangan seberapa tinggi tingkat keamanan daerah yang akan ditinggali. Polisi pasti dengan senang hati memberitahu seberapa banyak terjadi kejahatan di lokasi tempat tinggal baru Anda.

6. Jangan hanya melihat satu atau dua rumah. Buat perbandingan kenyamanan dan harga dengan banyak rumah. Setiap rumah yang Anda "survei" sebaiknya tuliskan kelebihan dan kekurangannya. Pertimbangkan juga bagaimana dekorasi rumah Anda kelak. Apakah perabotan yang Anda punya cocok dengan gaya dan layout rumah? Atau Anda ingin menghabiskan uang lagi untuk membeli furnitur baru? Pertimbangkanlah baik-baik.

7. Usahakan Anda sendirilah yang terjun ke lapangan dan melihat dengan teliti calon rumah baru Anda. Anda mencari rumah yang sempurna, harus ada pengorbanan tentunya.

8. Jangan terburu-buru membuat keputusan. Kalau bisa Anda mulai mencari rumah sebelum dikejar dateline.

Selamat berburu rumah baru!(yla/yla)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri Komentar sehat dan membangun